Pelaksanaan Pembelajaran IPA pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Banyudono

Nuurul Maulidiyah, Sri Yamtinah, Icha Kurnia Wati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan dan hambatan dalam menerapkan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPA di SMPN Banyudono. Pendekatan penelitian ini campuran atau kombinasi dengan model kombinasi strategi tertanam bersamaan. Teknik pengumpulan data kualitatif yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data kuantitatif yaitu angket. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman. Teknik analisis data kuantitaif menggunakan statistik deskriptif, kemudian dibandingkan untuk membuat kesimpulan data yang diperoleh. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Guru IPA kelas VII di SMP Negeri Banyudono telah menerapkan pembelajaran IPA berbasis kurikulum merdeka. Guru telah melaksanakan asemen diagnostik, tetapi hasil yang diperoleh belum sepenuhnya digunakan untuk mengelompokkan peserta didik berdasarakan kompetensi dan karakter, sehingga program tindak lanjut yang diberikan belum sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan setiap individu peserta didik. Pada tahap perencanaan, guru membuat modul ajar secara mandiri atau menggunakan modul ajar yang telah tersedia, kemudian dimodifikai sesuai dengan kondisi sekolah. Komponen minimum yang harus tercantum dalam modul terbuka belum sepenuhnya tercantum berdasarkan buku panduan pembelajaran dan asesmen. Pada tahap pembelajaran, guru telah melaksanakan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup secara runtut serta melakukan asesmen formatif dan sumatif, namun masih terdapat komponen pada tahapan tersebut yang belum tersampaikan. Pada pembelajaran berdiferensiasi, guru belum melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. 

Keywords

Kurikulum Merdeka; Pembelajaran; IPA

Full Text:

PDF

References

Ahlaro, S. R. (2020). Kriteria Metode Pembelajaran yang Baik dan Efektif. Jurnal Jumpa, 8(1), 16–29.

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Ansori, I. (2020). Pengembangan Kurikulum: Faktor Determinan dan Prinsipnya. Pascasarjana IAIN Kediri, 3, 161–170.

Bonal, X., & González, S. (2020). The impact of lockdown on the learning gap: Family and school divisions in times of crisis. International Review of Education, 66(5–6), 635–655. https://doi.org/10.1007/s11159-020-09860-z

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Ewisahrani, Widia, Fathurrahmaniah, Arwan, Haris, A., & Islamiah, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 1(2), 50–53. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i02.11

Farida, I., Hermana, D., Margana, A., & Dimyati, E. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dengan Model Kolaboratif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Negeri Paminggir 07 Garut Kota. 3(1), 563–581. https://doi.org/10.31980/tp.v3i1.201.g216

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 12–21.

Kemendikbud. (2023). Latar Belakang. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka

Kusyanto, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, 2(2), 207–221. https://doi.org/10.22236/jppp.v2i2.1277

Masrinawatie. (2013). Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melaksanakan Pembelajaran. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132303693/pendidikan/PengembanganPembelajaranMatematika_UNIT_9_Coverbelakang_0.pdf

Maut, W. O. A. (2022). Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SD Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(4), 1305–1312. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1305-1312.2022

Mushawwir, M. A., & Umar, F. (2014). Studi tentang Keterampilan Guru dalam Melaksanakan Apersepsi pada Pembelajaran PPKN di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Banteng Kapulauan Selayar. Online Journal System Kumpulan Jurnal Terbitan UNM, 12(1), 124–137.

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301

Nurhaedah. (2012). Ibm Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/Ctl) Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru Di Sdn Inpres Bira 2 Bontoa Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(2), 153–159. https://doi.org/10.26858/publikan.v2i2.1417

Putra, F. K. A., & Ah, B. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKR 1 pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Konvensional di SMK Negeri 1 Madiun. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(3), 1–8.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Richey, R. C., Klein, J. D., & Nelson, W. A. (2004). Developmental Research: Studies of Instructional Design and Development. Dalam Handbook of research on educational communications and technology, 2nd ed. (hlm. 1099–1130). Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Riza, W., Syafrina, A., & Mislinawati. (2017). Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 51 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(2), 103–110.

Siahaan, F. E., Siahaan, S., Siahaan, B. L., & Situmeang, S. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru IPA di Kelas Rendah. 3(1), 13–19.

Sopianti, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI di SMAN 5 Garut. KANAYAGAN: Journal of Music Education, 1(1), 1–8.

Undang-Undang RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6

Wiryaman, S. A. (2007). Strategi Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.