Studi Literatur Review : Dampak Penyebaran Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi

Putri Patricia, Meilinda Meilinda

Abstract

Penyebaran Covid-19 sangat berdampak di bidang Pendidikan, terutama dalam proses pembelajaran. Hal ini karena  proses pembelajaran yang biasanya offline berubah mejadi online untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Penulisan artikel adalah untuk melihat dan mengkaji dampak yang terjadi akibat penyebaran Covid-19 terhadap bidang pendidikan di perguruan tinggi khususnya yaitu mengenai proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian pustakaan. Peneliti ingin menggambarkan fenomena-fenomena yang sedang berlangsung atau sudah terjadi terhadap proses pembelajaran. Data yang dikumpulkan berasal dari pengumpulan jurnal yang berkaitan dengan dampak yang terjadi karena penyebaran Covid-19. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran memiliki beberapa perubahan yang terjadi dari sebelum dan saat adanya Covid-19. Sehingga dalam proses pembelajaran online memiliki dampak positif dan negatif yang mana terjadi tanpa disadari akibat dari perubahan proses pembelajaran dan juga perkembangan proses pembelajaran yang secara Hybrid Learning. Oleh karena itu, dalam pembelajaran secara online harus lebih ditingkatkan lagi agar proses pembelajaran lebih efektivitas dan tidak ada kendala lagi.

Keywords

Perguruan Tinggi, Covid-19, Offline, Online

Full Text:

PDF

References

Davis, T. E. K., Sokan, A. E., & Mannan, A. (2023). Understanding the Impact of COVID-19 on Students in Institutions of Higher Education. Higher Education Studies, 13(2), 20. https://doi.org/10.5539/hes.v13n2p20

Heryanto, T., & Rochaeni, A. (2022). DAMPAK COVID 19 PADA PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA. 1–11.

Nursjanti, F., Amaliawiati, L., & Nurani, N. (2021). Impact of Covid-19 on Higher Education Institutions in Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(1), 685–698. https://doi.org/10.33403/rigeo.800608

Puspitorini, F. (2020). Halaman: 99-106 Terakreditasi Peringkat 5 (SINTA 5) sesuai SK RISTEKDIKTI Nomor. In Edisi Khusus (Issue 1). http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI

Rahmadi Taufik Nur. (2021). PENERAPAN MODEL DIGITAL DAN MODEL HYBRID DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAU (PJJ) SELAMA PANDEMI COVID 19. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2, 1800–1811.

Ramadanti, E., Mukhlis, I., & Hadi Utomo, S. (2021). Dampak pandemi COVID-19 terhadap pendidikan tinggi di Kota Malang. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(3), 209–218. https://doi.org/10.17977/um066v1i32021p209-218

Riyanda, A. R., Agnesa, T., Wira, A., Ambiyar, A., Umar, S., & Hakim, U. (2022). Hybrid Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4461–4469. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2794

Stankovska G, Memedi I, & Grncarovska S. (2022). Impact of COVID-19 on Higher Education: Challenges and Opportunities.

Tinggi Firman, P., Baharuddin Lopa, J., & Talumung, S. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di. BIOMA, 2(1), 14–20.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.