Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge Guru Ipa Smp: Studi Literature Review
Abstract
Kemampuan TPACK merujuk pada kemampuan guru dalam mengintegrasikan pedagogi, teknologi, dan pengetahuan konten dalam pembelajaran. Guru perlu menggabungkan tiga sumber pengetahuan, pengetahuan teknis, pengetahuan pedagogis dan pengetahuan konten dalam pembelajaran. Studi literatur digunakan sebagai metode untuk mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan topik penelitian ini. Studi ini menunjukkan bahwa kemampuan TPACK guru IPA di Indonesia masih memerlukan perbaikan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan TPACK guru IPA antara lain latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, pelatihan yang telah diikuti, akreditasi sekolah, jenis kelamin, usia, dan lama bekerja.
TPACK skills refer to teachers' ability to integrate pedagogy, technology, and content knowledge in learning. Teachers need to combine three sources of knowledge, technical knowledge, pedagogical knowledge, and content knowledge in learning. The Literature study was used as a method to collect data and information related to this research topic. This study shows that the TPACK skills of science teachers in Indonesia still need improvement. Some of the factors that influence science teachers' TPACK skills include educational background, teaching experience, training, school accreditation, gender, age, and length of service.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arisandy, D., Murni, P., & Nazarudin. (n.d.). Kemampuan Pedagogical Knowledge Guru IPA dalam Memotivasi Belajar Siswa SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 2022(6), 682–687. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Bahriah, E. S., & Yunita, L. (2019). Investigating the Competencies of Technological Pedagogical Content Knowledge and Self-Efficacy of Chemistry Teachers. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012021
Chai, C. S., Koh, J. H. L., & Tsai, C.-C. (2011). Exploring the Factor Structure of the Constructs of Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK). The Asia-Pacific Education Researcher, 20(3), 595–603.
Chai, C. S., Tsai, C.-C., & Koh, J. H. L. (2013). A Review of Technological Pedagogical Content Knowledge. 16(2), 31–51. https://www.researchgate.net/publication/290044779
Hapsari, N., Abidin, Z., & Arip, A. G. (2022). Analisis Faktor Jenis Kelamin, Usia dan Lama Bekerja Terhadap Kemampuan TPACK Guru IPA SMP di Kota Cirebon. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 14(2), 113–123. https://doi.org/10.25134/quagga.v14i2.4942
Harisa, H., Saenab, S., & Rusli, M. A. (2022). Penerapan Pendekatan Technological, Pedagogical, Content, Knowledge (TPACK) terhadap Kemampuan Prosedural IPA Siswa Kelas VIII SMP Telkom Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 5(2).
Hayati, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar dengan Pendekatan TPACK pada Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(4).
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x
Mulyanto, T. N. H. P., & Yoenanto, N. H. (2022). Kesiapan Guru Menuju Digitalisasi Pendidikan di Era Merdeka Belajar Ditinjau dari Komponen TPACK.
Nasar, A., & Daud, M. H. (n.d.). Analisis Kemampuan Guru IPA Tentang Technological Pedagogical Content Knowledge pada SMP/MTs di Kota Ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1).
Oktaviana, E., & Yudha, C. B. (2021). Tecnological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran Abad Ke-21. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Putriani, E. D., & Sarwi, S. (2014). Implementasi Strategi TPCK dengan Media Simulasi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Konsep Getaran dan Gelombang. UPEJ, 3(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Reiser, R. A., & Gagné, R. M. (1983). Selecting Media for Instruction. Educational Technology Publications. https://books.google.co.id/books?id=9t3jbZ_1c1UC
Sa’adah, S. (n.d.). Profil Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowladge (TPACK) Guru Ipa/Biologi Alumni Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Sgd Bandung.
Sinaga, L., Simamora, P., Ningsih, W., & Destine, K. T. (2022). Analysis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru IPA Dalam Mengimplementasikan Lesson Study For Learning Community Berbasis E-Learning dengan Moodle. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 10(3), 54–63. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi
Suryanto, H., Budi Sartika, S., & Nashrullah, M. (2022). The Analysis of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) from Natural Science Secondary School Teachers’ based on School Accreditation. Science Education Journal (SEJ), 6(2). https://doi.org/10.21070/sej.v%vi%i.1631
Syaharuddin, S., Mutiani, M., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Building Students’ Learning Experience in Online Learning During Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 979–987. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.796
Voogt, J., Fisser, P., Pareja Roblin, N., Tondeur, J., & van Braak, J. (2013). Technological pedagogical content knowledge - a review of the literature. Journal of Computer Assisted Learning, 29(2), 109–121. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2012.00487.x
Walidaian, S. N., Wendari, W., & Yahya, F. (2021). Analisis Kompetensi Technology Pedagogy and Content Knowledge (TPACK) Guru SMP Plus Aisyah Samawa. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(4), 322–328.
Warsito, H. (2009). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Penyesuaian Akademik dan Prestasi Akademik ( Studi Pada Mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya ). PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, IX(1), 29–47. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi
Refbacks
- There are currently no refbacks.