Validitas Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Sustainable Development pada Materi Ekologi di SMA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran biologi berbasis Sustainable Development pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Prosedur penelitian pengembangan yang dilakukan dalam pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis sustainable development mengacu pada Langkah-langkah borg and gall terdiri atas 10 langkah kemudian disederhanakan menjadi 6 langkah yaitu perencanaan, membuat produk, validasi 1, revisi, validasi 2, revisi produk. Perangkat pembelajaran biologi berbasis sustainable development yang dikembangkan terdiri atas silabus, RPP, LKPD, dan modul. Namun, pada penulisan ini difokuskan pada proses uji validasi. Uji validasi pada perangkat pembelajaran dilakukan oleh validator ahli dan validator praktisi pendidikan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis sustainable development memiliki kategori sangat layak digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardhi, M. W. (2018, November). Integrasi green learning dalam pembelajaran biologi untuk mendukung sustainable development goals. In SEMINAR NASIONAL SAINS & ENTREPRENEURSHIP V 2018.
BSNP, T. P. P. (2010). Paradigma pendidikan nasional abad XXI. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Burns, H. L., Kelley, S. S., & Spalding, H. E. (2019). Teaching sustainability: Recommendations for best pedagogical practices. Journal of Sustainability Education.
Indrati, D. A., & Hariadi, P. P. (2016). Esd (Education for Sustainable Development) Melalui Pembelajaran Biologi. In Symposium on Biology Education (pp. 371-382).
Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.
Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Info Singkat, 10(9), 19-24
Segara, N. B. (2015). Education for sustainable development (ESD) sebuah upaya mewujudkan kelestarian lingkungan. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 22-30.
Shohel, M. M. C., & Howes, A. J. (2011). Models of education for sustainable development and nonformal primary education in Bangladesh. Journal of Education for Sustainable Development, 5(1), 129-139.
Sinakou, E., Boeve-de Pauw, J., Goossens, M., & Van Petegem, P. (2018). Academics in the field of Education for Sustainable Development: Their conceptions of sustainable development. Journal of cleaner production, 184, 321-332.
Refbacks
- There are currently no refbacks.