PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TUMBUHAN DAN FUNGSINYAPADA SISWA IV DI MI MIFTAHUL ULUM LUMAJANG
Abstract
Penelitian yang dilakukan gunu mengetahui tingkat keefektifan sebuah pendekatan kontekstual dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa-siswi kelas IV di MI Miftahul Ulum Lumajang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpuan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasi dari penelitian yang dilakukan bahwasanya penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam terutama mater bagian tumbuhan dan fungsinya sangat efektif di gunakan. Hal ini dikarenakan karena dengan penggunakan model tersebut menjadikan proses pembelajaran berjalan secara efektif dan menyenangkan. Dengan penerapan pendekatan model tersubut dapat menjadikan ilmu pengetahuan dan pemahaman yang peserta didik dapat lebih bermakna.
Research conducted to determine the level of effectiveness of a contextual approach in learning natural science material parts of plants and their functions in fourth grade students at MI Miftahul Ulum Lumajang. The approach taken in this research is to use a qualitative approach with data collection techniques using documentation and interview methods. Based on the results of the research conducted, it is found that the application of a contextual approach in learning natural sciences, especially material for plant parts and their functions, is very effective in use. This is because using this model makes the learning process run effectively and fun. By applying this model approach, knowledge and understanding of students can be more meaningful.Keywords
Full Text:
PDFReferences
M, Thobroni dan Mustofa A, Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2013
Mulyasa, E, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 2004
Sanjaya, Contextual Teaching and Learning (CTL). Penerbit : Ghalia Indonesia, 2005
Sanjaya, Winna. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grouf, 2008
Sujana, Pendidikan IPA. Bandung : Rizqi Press, 2013
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung :A lfabeta, 2006
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014
Firmansyah dkk, Mudah dan aktif belajar Biologi . Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009
Wina sanjaya , Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana, 2008
Refbacks
- There are currently no refbacks.