PROBLEMATIKA SISWA KELAS IV SD KLUNGKUNG 01 DALAM MEMAHAMI MATERI PERUBAHAN SIFAT-SIFAT BENDA DAN KEGUNAANNYA DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI (IPA)

Febi Indriany, Muhammad Suwigyo Prayogo

Abstract

Penelitian ini didesain tujuannya yaitu  menganalisis  poblematika siswa  dalam  Memahami sifat-sifat, Perubahan sifat Benda serta kegunaannya pada kehidupan sehari-hari kelas IV SD KLUNGKUNG 01 sekitar jember.  Dalam problemmatika siswa menjawab soal Kegunaan Benda Plastik, Kayu, Logam, dan Kertas. Metode penilitian ini menggunakan kualitatif serta  eksporatif Pengumpulan data dan semi  dengan istrumen penilaian melalui wawancara ke pengajar  kelas serta juga berupa : (1) Peserta didik  diminta untuk merampungkan soal tentang menjodohkan gambar (2) Mengambil beberapa jawaban siswa yang mengalami kesulitan untuk di analisis. 15 siswa kelas IV SD KLUNGKUNG 01 yang menjadi Subjek penelitian ini.

This study was designed with the aim of analyzing students' problems in understanding the properties, changes in the nature of objects and their use in the daily life of class IV SD KLUNGKUNG 01 around Jember. In maths questions, students answered questions about the use of plastic, wood, metal and paper objects. This research method uses qualitative and exportative data collection and semi-assessment instruments through interviews with class sellers and in the form of: (1) Students are asked to complete questions about matching pictures (2) Take some of the answers of students who have difficulty analyzing them. 15 students of grade IV SD KLUUNGKUNG 01 who were the subjects of this study.

Keywords

Ilmu pengetahuan alam, Poblematika kesulitan memahami sifat-sifat, Perubahan Benda serta kegunaannyanya dalam kehidupan sehari-hari

Full Text:

PDF

References

Abdul, Munir, dkk, Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, Jakarta: Depag RI, 2005.

Albertus, Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. PT Grasindo : Jakarta, 2007.

Herma Kusumawati, “Problematika Guru Kelas Dalam PembelajaranMatematika (studi kasus di SDN Kec. Ngadirojo kab. Pacitan)”, jurnalpendidikan Vol. 1 No. 13, Desember 2015.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung; CV. Remaja Rosdakarya, 2004

MetodePenelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian,Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Rona “Implementasi Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Studi Multi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sekuduk,Kecamatan Sejangkung serta Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sebabal,Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas)”, Jurnal Pendidikan di Vol. 2 No.19, Desember 2015.

Ruslan , Tati Fauziah, Tuti Alawiyah, “Kendala Guru Kelas Dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 1,Agustus 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.