STUDI LITERATUR PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL FISIKA
Abstract
Analisis kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran e-modul fisika terhadap pembelajaran fisika selama 10 tahun terakhir pada pembelajaran fisika SMP dan SMA. Proses penulisan makalah ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data untuk studi literatur jurnal nasional. Dalam pembelajaran fisika menggunakan media pembelajaran berupa E-modul dengan materi fisika SMP dan SMA 10 tahun terakhir. Hasil kegiatan penelitian ini menyatakan bahwa penerapan media pembelajaran Emodule dalam pembelajaran fisika mampu meningkatkan hasil belajar, meningkatkan motivasi dan minat belajar, keterampilan pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis. Dapat disimpulkan pengaruh media pembelajaran E-module sebagai alternatif Pembelajaran Fisika.
The analysis of this activity aims to examine the influence of physics e-module learning media on physics learning during the last 10 years in junior and senior high school physics learning. The process of writing this paper uses a qualitative approach and data collection methods for national journal literature studies. In physics learning using learning media in the form of E-modules with junior high and high school physics material for the last 10 years. The results of this research activity stated that the application of the Emodule learning media in physics learning was able to improve learning outcomes, increase motivation and interest in learning, problem solving skills, and critical thinking skills. It can be concluded that the effect of E-module learning media as an alternative to Physics Learning.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks KURIKULUM 2013. Bandung: PT. Refika aditama.
Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. jurnal PPKn & Hukum , 11 (2), 81.
Azhar, K., & Izzah, S. (2017). studi analisis upaya guru akidahakhlak dalam mengembangkan potensi nilai moral peserta didik di MI kabupaten demak. jurnal Al-Ta'dib , 10 (2), 73.
Puspitasari, A. D. (2019). 1. Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. Jurnl Pendidikan Fisika , 7 (1).
Ramadayanty, M., Sutarno, & Risdianto, E. (2021). Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Multiple Reprsentation Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. jurnal kumparan fisika , 4 (1), 18.
Saputra, B. E., Pathoni, H., & Kurniawan, D. A. (2020). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Multirepresentasi pada Materi Gerak Lurus. 5 (1), 40.
Sari, N. A., Yulianto, & H, Y. (2021). Studi litelatur media pembelajaran interaktif berbasis adobe slash profesional CS6 pada pembelajaran fisika indonesia. jurnal ilmiah pendidikan fisika , V (1), 18-26.
Sembiring, W., I. S., & A. S. (2021). Emodul IPA untuk memfasilitasi siswa menengah atas belajar mandiri. Jurnal teknologi pembelajaran indonesia. jurnal teknologi pembelajaran indonesia , 11 (1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surani, D. (2019). Studi Literatur: peran teknologi pendidikan dalam pendidikan 4.0 . Prosiding seminar nasional pendidikan , 456-469.
Suyono, & Nurohman, s. (2014). Pengembanagan modul berbasis elektronik berbasis web sebagai media pembelajaran fisika. jurnal pendidikan , 44 (1).
Wulandari, D. D., Adnyana, P. B., & Santiasa, M. P. (202). Penerapan E-modul Interaktif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X. jurnal pendidikan biologi Undiksha , 7 (2), 67.
Refbacks
- There are currently no refbacks.