ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA SMP DENGAN KEGIATAN PRAKTIKUM
Abstract
Tujuan penlitian ini ialah untuk memahami bagimanakah pemahaman pada konsep materi khusunya pada siswa jenjang SMP dengan kegiatan praktikum dalam pembelajaran IPA. Penelitan ini menggunakan metode pengumpulan data kuesioner angket dengan menggunakn teknik Self- Administered Questionnaires. Pengambilan data pada kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 30 siswa jenjang SMP di wilayah Kabupaten Magelang. Hasil dari penelitian diperoleh dari 100% siswa menyatakan bahwa kegiatan praktikum pada pembelajaran IPA membantu dalam pemahaman konsep pada materi pembelajaran. Dari hasil kuesioner juga menunjukan bahwa sebagian besar siswa dapat tuntas dalam menjawab kuesioner. Dari hasil penelitian juga diperoleh bahwa melalui kegiatan praktikum juga dapat membentuk pribadi yang bertanggung jawab dan membantu persamaan persepsi antara siswa dan guru. Diperoleh berbagai hal dari kegiatan praktikum pada pembelajaran IPA. Hal itu dikarenakan pada kegiatan praktikum, siswa memperoleh gambaran secara konkret keadaan atau proses yang terjadi.
The purpose of this study is to understand how to understand the concept of material, especially for junior high school students with practical activities in science learning. This research uses a questionnaire questionnaire data collection method using the Self-Administered Questionnaire technique. Collecting data on the questionnaire with the number of respondents as many as 30 junior high school students in the Magelang Regency area. The results of the study were obtained from 100% of students stating that practical activities in science learning helped in understanding concepts in learning materials. The results of the questionnaire also showed that most of the students were able to complete answering the questionnaire. From the results of the study, it was also found that through practicum activities can also form a responsible person and help share perceptions between students and teachers. Various things were obtained from practical activities in science learning. This is because in practical activities, students get a concrete picture of the situation or process that occurs.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
style='font-family:"Times New Roman",serif'>
style='mso-spacerun:yes'> BIBLIOGRAPHY
l 1033 AF Suryaning, R. S. (2018). Pengembangan dan Validasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 5, 2687.
Hadija, M. A. (2020). Penerapan Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Fisika Peserta didik pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang Kelas VIII SMP N 2 Bungku Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan , 20-21.
Rustaman. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.
Siti Aisyah, A. A. (2018). Hubungan Motivasi Belajar IPA, Hasil Belajar IPA, dan Identifikasi Perbedaan Hubungan Berdasarkan Perspektif Pesisir. Wacana DIdaktika Vol 6, 130.
Suryaningsih, Y. (2017). PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM SEBAGAI SARANA SISWA UNTUK BERLATIH MENERAPKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MATERI BIOLOGI. Jurnal Bio Educatio Vol 2, 51-52.
%;font-family:"Times New Roman",serif;mso-fareast-font-family:Calibri;
mso-fareast-theme-font:minor-latin;mso-ansi-language:EN-US;mso-fareast-language:
EN-US;mso-bidi-language:AR-SA'>
Refbacks
- There are currently no refbacks.