PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR ABAD 21 DI PEMBELAJARAN IPA

Yonatan Vari, Bramastia Bramastia

Abstract

Era Revolusi 4.0 ditandai dengan perkembangan internet dan teknologi digital. Era Revolusi 4.0 diyakini akan berpengaruh terhadap perubahan pembelajaran Sains yang mampu melatih keterampilan berpikir abad 21. Pembelajaran Abad 21 menekankan subjek pembelajaran terhadap siswa pada keterampilan dalam menggunakan Media, Informasi dan Teknologi; Keterampilan berpikir dan berinovasi. Augmented Reality merupakan inovasi teknologi yang sedang berkembang dan dimanfaatkan pada pembelajaran IPA oleh beberapa peneliti untuk melatih keterampilan Abad 21. Metode Penelitian merupakan penelitian studi literatur dengan menelaah sumber baik dari buku maupun jurnal terkait dengan Augmented Reality dan Keterampilan Abad 21Penelitian yang dilakukan beberapa peneliti saat ini yaitu memanfaatkan Augmented Reality untuk melatih keterampilan berpikir yang meliputi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir abstrak, dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian yang ada menemukan bahwa Augmented Reality dapat melatih keterampilan berpikir siswa pada pembelajaran IPA.

The Revolutionary Era 4.0 was marked by the development of the internet and digital technology. The Revolutionary Era 4.0 is believed to have an effect on changes in science learning that is able to train 21st century thinking skills. 21st Century Learning emphasizes the subject of learning for students on skills in using Media, Information and Technology; Thinking and innovation skills. Augmented Reality is a technological innovation that is being developed and is being used in science learning by several researchers to train 21st Century skills. The Research Method is a literature study by reviewing sources both from books and journals related to Augmented Reality and 21st Century Skills Research conducted by several researchers at this time namely utilizing Augmented Reality to train thinking skills which include critical thinking skills, abstract thinking skills, and creative thinking skills. Existing research finds that Augmented Reality can train students' thinking skills in science learning.

Keywords

Augmented Reality, Pembelajaran Abad 21, Keterampilan Berpikir

Full Text:

PDF

References

Afissunani. 2014. Multi Marker Augmented. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Politeknik Elektronika Institut Teknologi. Kampus ITS, 3(1): 1–29.

Afriyanti,I, dkk. 2018. Pengembangan Literasi Sains Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA ,1 : 608-617

Alwiyana Septarini & Abd. Kholiq . 2021. Pengembangan Media Prest untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA pada Materi Momentum dan Impuls. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 10 (1) : 32-38

Azuma, R. T. 1997. A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments 6 (4): 355-385

Dewi, Synthia; Sisca Mariam & Jajang Bayu Kelana. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar menggunakan Model Contexual Teaching And Learning. Journal of Elementary Education, 2 (6): 235-239

Ennis, R. H. 1985. Goals for a critical thinking curriculum. Alexandria: ASCD.

Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pada Pembelajaran Biologi. Indonesia Jurnal Of Biology Education.1(1): 21–28

Goff, Eric E.; Kelly Lynn Mulvey; Matthew J. Irvin & Adam Hartstone-Rose. 2018. Applications of Augmented Reality in Informal Science Learning Sites: a Review. Journal Science Education and Technology

Hunter, D.A. 2009. A practical guide to critical thinking, deciding what to do and believe. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc

Ilmawan Mustaqim & Nanang Kurniawan. 2017. Pengembangan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Pneumatik di SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14 (2) :136-144

Iqliya, J.N & R. Kustijono. 2019. Keefektifan Media Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) Unesa, 3: 19-25

Jamaluddin. 2010. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17 (3): 202-209

Johnson, E. B. 2011. CTL. Bandung : Kaifa.

Herliandry, Luh Devi; Heru Kuswanto & Wahyu Hidayatulloh. 2020. Improve Critical Thinking Ability Through Augmented Reality Assisted Worksheet. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 541 :470-475

M. Fadlillah. 2017. Aliran Progresivisme dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (1) : 17-24

Nurlaila, D.; Muh. Tawil & Abdul Haris. 2016. Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Fisika Pada Peserta Didik Kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bua Ponrang. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 4 (1): 127-144

Partnership for 21st Century Skills. 2009. P21 Framework Definitions. Washington, DC: Partnership for 21st Century Skills

Santi Sidhartani. 2016. Literasi Visual sebagai Dasar Pemaknaan dalam Apresiasi dan Proses Kreasi Visual. Jurnal Desain, 3 (3): 155-163

Sendag, S., & Odabasi, H. F. 2009. Effects of online problem based learning course on content knowledge acquisition and critical thinking skills. Computers & Education, 53 : 132-141.

Trilling, Bernie & Fadel,Charles. 2009. 21 st Century skills: Learning in a Web 2.0 World. Solution Tree Press

Wahyuni, Sawitri Epi; Suciati Sudarisman & Puguh Karyanto. 2013. Pembelajaran Biologi Model POE melalui Laboratorium Riil dan Laboratorium Virtual Ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Abstrak. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (1): 63-78

Wulandari, Resti; Ari Widodo & Diana Rochintaniawati. 2020. Penggunaan Aplikasi Augmented Reality Untuk Memfasilitasi Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi, 11 (2): 59-69

Yovan, Ricki Angga Rizti & Abd. Kholiq. 2020. Pengembangan Media Augmented Reality untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abstrak Siswa SMA pada Materi Medan Magnet. PENDIPA Journal of Science Education, 6 (1): 80-87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.