ANALISIS DAYA SERAP UN SISWA SMP DI TINJAU DARI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Intan Mustikasari, Sajidan Sajidan, Puguh Karyanto

Abstract


Tuntutan di era kemajuan pendidikan dalam abad 21 dalam kurikulum 2013 revisi 2017 memiliki keterampilan yang harus saling berkesinambungan dalam mencetak peserta didik yang berkarakter dan memiliki wawasan ilmiah. Dalam proses pembelajaran sains di tingkat satuan Pendidikan khususnya tingkat menengah pertama dalam mata pelajaran ipa masih perlu adanya perbaikan bahan ajar yang di perbaharui guna peningkatan kompetensi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa daya serap UN pada satuan pendidikan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMP Boyolali. Data hasil UN siswa 3 tahun terakhir dikumpulkan menggunakan data Pusat Penilaian Pendidikan Nasional (PusPenDikNas) dan dianalisis menggunakan instrumen Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebanyak 8 Standar. Hasil analisis dari bahan ajar yang digunakan di sekolah tersebut  menunjukkan bahwa persentase gab atau permasalahan tertinggi pada standar proses yaitu sebesar 4,63 %. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang masih di gunakan di sekolah perlu untuk ditingkatkan, oleh karena itu bahan ajar harus menjadi perhatian dalam proses pembelajaran sains siswa.


Keywords


SNP; IPA; Kemajuan Pendidikan

Full Text:

PDF
rticle

References


BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Muhfahroyin, & Oka, A.A, 2017. Improving Post-graduate Students Learning Activities through Lesson Study in Learning Forest-Prototype. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Educa¬tion, 9(116), 311–316.

Salavera, Usán, Chaverri, Gracia, & Aure, 2017 Emotinal Intelligence and creativity in first and second-year primary school children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237(June 2016), 1179􀂱1183. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.176

Tim PengembangIlmu Pendidikan FIP-UPI. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Imperial Bhakti Utama; 2011. h. 200.

Wenning, C. J. Teacher, P., & Program, E. (2006). A framework for teaching the nature of science.




DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 
ISSN 2252-7893 (print) | 2615-7489 (online)
Organized by Magister Pendidikan Sains
Published by Universitas Sebelas Maret
W : https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/
E  : inkuiri@fkip.uns.ac.id

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View INKUIRI Stats

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0