ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UAD

Hani Irawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi pendidikan biologi FKIP UAD tahun akademik 2018-2019 yang mengambil mata kuliah micro teaching. Adapun keterampilan yang ingin dilihat yaitu: 1) keterampilan membuka pelajaran, 2) keterampilan menjelaskan, 3) keterampilan memberi penguatan, 4) keterampilan mengadakan variasi, 5) keterampilan membimbing diskusi, 6) keterampilan mengelola kelas, 7) keterampilan bertanya, dan 8) keterampilan menutup pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan populasi seluruh mahasiswa prodi pendidikan biologi FKIP UAD angkatan 2016 yang mengambil mata kuliah micro teaching. Penentuan sampel penelitian menggunkan teknik purposive random sampling, sampling penelitian terdiri atas mahasiswa micro teaching kelas A, D, E, F, dan J yang berjumlah 65 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan instrumen pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru program studi pendidikan biologi FKIP UAD berada dalam kategori sangat baik pada aspek membuka pelajaran, bertanya, dan menutup pelajaran. Kategori baik pada aspek penguasaan kelas, menjelaskan, dan memberikan penguatan. Kategori cukup pada aspek melakukan variasi, dan kategori kurang pada aspek memimpin diskusi kelompok kecil.

This study aims to determine the level of basic teaching skills for Biology Education Study Program students of FKIP UAD for the academic year 2018-2019 who take micro-teaching courses. The skills to look at are: 1) opening lesson skills, 2) explaining skills, 3) reinforcement skills, 4) variation skills, 5) discussion guiding skills, 6) classroom management skills, 7) questioning skills, and 8) closing skills. This research is a quantitative study using a population of all students of biology education study program FKIP UAD class of 2016 who take micro-teaching courses. Determination of the research sample using purposive random sampling technique, the research sampling consisted of 65 students of micro-teaching classes A, D, E, F, and J. Data collection techniques using observation and data collection instruments using observation sheets. Data were analyzed descriptively quantitatively. The results showed that: the basic teaching skills of prospective teachers of the biology education study program FKIP UAD were in the very good category in the aspects of opening lessons, asking questions, and closing lessons. Good category on aspects of class mastery, explaining, and providing reinforcement. The category is sufficient on the aspect of doing variations, and the category is less on the aspect of leading small group discussions.

Keywords

keterampilan dasar mengajar; calon guru biologi

Full Text:

PDF

References

Fitri Siti Sundari, Yuli Muliyawati. (2017). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa PGSD. Pedagonal Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 1 no1, halaman 26-36.

Mika Ambarwati. (2016). Analisi keterampilan mengajar calon guru pendidikan matematika pada mata kuliah microteaching. Junal Pedagogia, vol 5 no1, halaman 81-89.

Mulyatun. (2014). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru kimia (studi pada praktik pengalaman lapangan mahasiswa tadris kimia). Jurnal phenomenom, vol 4 no 1, halaman 79-90.

Nurlaili. (2018). Analisis keterampilan dasar mengajar guru dalam perspektif guru pamong pada mahasiswa prodi PGMI Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, vol 4 no1, halaman 28-40.

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia no 22 tahun 2016 tentang standar proses pembelajran pada pendidikan dasar dan menengah.

Putri Agustina, Alanindra Saputra. (2017). Profil keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah microteaching. Jurnal Bioedukatika, vol v no 1, halaman 18-28.

Shoffan Shofa . (2016). Keterampilan Dasar Mengajar Microteaching. Surabaya: Mafendra Press.

Siswanto. (2010). Tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi fakultas ilmu sosial dan ekonomi UNY. Jurnal pendidikan akuntansi Indonesia, vol VIII, no.2, halaman 41-51.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia no 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Uzer Usman. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosyda Karya.

Zainal Asril. (2013). Micro Teaching. Depok: Rajawali Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.