ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UAD

Hani Irawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi pendidikan biologi FKIP UAD tahun akademik 2018-2019 yang mengambil mata kuliah micro teaching. Adapun keterampilan yang ingin dilihat yaitu: 1) keterampilan membuka pelajaran, 2) keterampilan menjelaskan, 3) keterampilan memberi penguatan, 4) keterampilan mengadakan variasi, 5) keterampilan membimbing diskusi, 6) keterampilan mengelola kelas, 7) keterampilan bertanya, dan 8) keterampilan menutup pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan populasi seluruh mahasiswa prodi pendidikan biologi FKIP UAD angkatan 2016 yang mengambil mata kuliah micro teaching. Penentuan sampel penelitian menggunkan teknik purposive random sampling, sampling penelitian terdiri atas mahasiswa micro teaching kelas A, D, E, F, dan J yang berjumlah 65 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan instrumen pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru program studi pendidikan biologi FKIP UAD berada dalam kategori sangat baik pada aspek membuka pelajaran, bertanya, dan menutup pelajaran. Kategori baik pada aspek penguasaan kelas, menjelaskan, dan memberikan penguatan. Kategori cukup pada aspek melakukan variasi, dan kategori kurang pada aspek memimpin diskusi kelompok kecil.


Keywords


keterampilan dasar mengajar; calon guru biologi

Full Text:

PDF
rticle

References


Fitri Siti Sundari, Yuli Muliyawati. (2017). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa PGSD. Pedagonal Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 1 no1, halaman 26-36.

Mika Ambarwati. (2016). Analisi keterampilan mengajar calon guru pendidikan matematika pada mata kuliah microteaching. Junal Pedagogia, vol 5 no1, halaman 81-89.

Mulyatun. (2014). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru kimia (studi pada praktik pengalaman lapangan mahasiswa tadris kimia). Jurnal phenomenom, vol 4 no 1, halaman 79-90.

Nurlaili. (2018). Analisis keterampilan dasar mengajar guru dalam perspektif guru pamong pada mahasiswa prodi PGMI Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, vol 4 no1, halaman 28-40.

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia no 22 tahun 2016 tentang standar proses pembelajran pada pendidikan dasar dan menengah.

Putri Agustina, Alanindra Saputra. (2017). Profil keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah microteaching. Jurnal Bioedukatika, vol v no 1, halaman 18-28.

Shoffan Shofa . (2016). Keterampilan Dasar Mengajar Microteaching. Surabaya: Mafendra Press.

Siswanto. (2010). Tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi fakultas ilmu sosial dan ekonomi UNY. Jurnal pendidikan akuntansi Indonesia, vol VIII, no.2, halaman 41-51.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia no 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Uzer Usman. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosyda Karya.

Zainal Asril. (2013). Micro Teaching. Depok: Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 
ISSN 2252-7893 (print) | 2615-7489 (online)
Organized by Magister Pendidikan Sains
Published by Universitas Sebelas Maret
W : https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/
E  : inkuiri@fkip.uns.ac.id

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View INKUIRI Stats

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0