EFEKTIVITAS KOLABORASI QR CODE DAN EDMODO (QRCE) TERHADAP MOTIVASI SERTA HASIL BELAJAR MATERI KONSEP MOL PADA SISWA KELAS X SMK KESEHATAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

Diah Megasari Tyasning, Arini Fadhilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan kolaborasi QRCE dan pembelajaran konvensional pada materi konsep mol. Penelitian dilakukan pada bulan Februari hingga Juli 2019. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswa kelas X SMK Kesehatan Purworejo tahun pelajaran 2018/ 2019 yang terdiri dari 5 kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah non randomized pre-test and post-test control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X Farmasi 1 (kontrol) dan X Farmasi 2 (eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Teknik analisis data untuk uji hipotesis dilakukan dengan tes nonparametrik Mann-Whitney. Dari hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan: 1) Ada perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan kolaborasi QRCE dan pembelajaran konvensional pada materi konsep mol dibuktikan dengan nilai signifikansi untuk motivasi belajar 0,030. 2) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan kolaborasi QRCE dan pembelajaran konvensional pada materi konsep mol dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,024.


Full Text:

PDF
rticle

References


Amri Tanduklangi, Asrun Lio dan Alberth. (2019). Classroom Action Research In Teaching English For Senior High School Students Through Blended Learning In Kendari Of Indonesia. Journal of e-Learning and Knowledge Society Je-LKS. The Italian e-Learning Association Journal Vol. 15, n.1, 2019 ISSN: 1826-6223 | eISSN: 1971-8829

Damis Dan Muhajis (2018) Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Idaarah, Vol. Ii, No. 2, Desember 2018

Darmawan. (2018, November 27). Menjadi Guru Era Pendidikan 4.0. serambinews.com. https://aceh.tribunnews.com/2018/11/27/menjadi-guru-era-pendidikan-40.

Eberlein, T, Kampmeler, J, Minderhout, V, Moog, RS, Plat, T, Nelson, PV, dan White, HB. 2008. Pedagogies of Engagement in Science A comparison of PBL, POGIL, and PLTL. Biochemistry and Molecular Biology Education. Volume 36(4), 262-273.

Finita Dewi. (2014). EDMODO: A Social Learning Platform for Blended Learning Class in Higher Education. Research in Education Technology: Pedagogy and Technology Journal. SEAMEO-SEAMOLEC. Vol XI/No.2/2014

Houda Salim Al-Ruheili dan Asiya Abdallah Al-Saidi (2015). Students' Perceptions on the Effectiveness of Using Edmodo in EFL Classes. GAI Istanbul International Academic Conference Proceedings

Hourdequin, P. (2014). Edmodo: A Simple Tool for Blended Learning. The Language Teacher 38.

Kandappan Balasubramanian, Jaykumar V, dan Leena Nitin Fukey. (2014). A study on “Student preference towards the use of Edmodo as a learning platform to create responsible learning environment”. Procedia - Social and Behavioral Sciences 144 ( 2014 ) 416 – 422.

Marie Ebifagha Zakana dan Esther Fomsi F. (2019). Effect of Social Networking Sites on Students’Engagement and Motivation in Computer Science inBayelsa State, Nigeria. European Scientific Journal February 2019 edition Vol.15, No.5 ISSN: 1857 – 7881 (Print) e - ISSN 1857- 7431

Nanik Wijayati, Ersanghono Kusuma, dan Sri Susilogati Sumarti. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital Di Jurusan Kimia FMIPA UNNES. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, 2019, halaman 2318 – 2325

Narayanan, A.S. (2012). QR Code and security solution. International Journal of Computer Science and Telecommunications, 3(7), 6971.

Rahmadonna, S. 2010. Teori Belajar Sosiokultur (Lev Vygotsky). Makalah.

Ridwan, Dkk. (2010). Mengamankan single identity number (SIN) menggunakan QR code dan sidik jari. Internet Working Indonesia Journal, 2(2), 17-20.

U. Komara dan Junjun Muhamad Ramdani. (2014). Motivating Students Through Edmodo (A Blended Learning in Grammar Class). The 61 TEFLIN International Conference, UNS Solo 2014




DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 
ISSN 2252-7893 (print) | 2615-7489 (online)
Organized by Magister Pendidikan Sains
Published by Universitas Sebelas Maret
W : https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/
E  : inkuiri@fkip.uns.ac.id

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View INKUIRI Stats

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0