PEMBUATAN SEL BATERAI BERBASIS BAHAN ALAM MELALUI PEMBELAJARAN STEM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembelajaran STEM dilaksanakan di dalam kelas dengan topik sel baterai berbasis bahan alam. Empat bidang keilmuan yang menjadi dasar dalam pembelajaran STEM seperti Science, Technology, Engineering, dan Mathematics, sangat cocok diterapkan pada topik ini. Bahan alam yang digunakan sebagai sumber energi listrik pengganti baterai yaitu lemon, apel, jeruk nipis, kentang, timun, dan tomat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pengembangan pengajaran Sains melalui pembelajaran STEM.
This study aims to analyze how STEM learning is carried out in the classroom with the topic of battery cells based on natural materials. The four scientific fields that form the basis of STEM learning, such as Science, Technology, Engineering, and Mathematics, are very suitable to be applied to this topic. Natural materials used as a source of electrical energy to replace batteries are lemons, apples, limes, potatoes, cucumbers, and tomatoes. The method used in this research is the descriptive qualitative method. The implications of the results of this study can contribute to the development of science teaching through STEM learning.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017). Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1), 722-731.
Fadilah, S. (2015). Pembuatan Biomaterial dari Limbah Kulit Pisang (Musa Paradisiaca). Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 4(2), 25-29.
Fikri, M. R., Muslim, M., Purwana, U., & Karyawan, K. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Membuat Karya Fisika Melalui Model Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Pada Materi Fluida Statis. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(1), 73-76.
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi Dalam Pembelajaran Sains. Prosiding SNPS, 3(3), 23-34.
Seattha, P., Tupsai, J., Sranamkham, T. & Yuenyong, C. (2016). Students’ view on STEM in learning about circular motion through STS approach. AIP Conference Proceedings, 1775 (030063)
Suryaningsih, S. (2016). Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi) sebagai Sumber Energi dalam Sel Galvani. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 6(1), 11-17.
Turner, K.B. (2013). Northeast Tennessee Educators’ Perception of STEM Education Implementation. Doctor of Education Dissertation. East Tennessee: East Tennessee State University.
Refbacks
- There are currently no refbacks.