POLA KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI SMA NEGERI 2 MRANGGEN

Mira Esti Kusumaningrum, Joko Siswanto, Fenny Roshayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kreatif antara siswa laki-laki dan perempuan di SMA Negeri 2 Mranggen. Penelitian ini termasuk dalam penelitian non eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 9 kelas. Teknik sampling menggunakan stratified proportional random sampling, menggunakan rumus Slovin dengan taraf signifikan 10%, sehingga diperoleh 76 siswa dari 324 siswa, masing-masing 38 siswa untuk laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan koginitf dan keterampilan berpikir kreatif dalam bentuk soal pilihan ganda dan uraian pada materi perubahan lingkungan. Instrument yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang memuat C1-C6 untuk kemampuan kognitif dan aspek berpikir kreatif untuk soal uraian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan anlisis deskriptif kuantitatif dan t-test independent, dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan t-hitung sebesar -1,067 dan t-tabel dengan signifikanasi (α) 5% sebesar 1,922 untuk kemampuan kognitif. Sementara itu, keterampilan berpikir kreatif diperoleh bahwa t-hitung sebesar -3,088 dan t-tabel dengan signifikanasi (α) 5% sebesar 1,922. Hasil perhitungan keduanya menunjukkan bahwa H0 gagal ditolak yang berarti tidak ada perbedaan nyata antara keterampilan berpikir kreatif siswa laki-laki dengan siswa perempuan.

This study aims to determine patterns of cognitive abilities and creative thinking skills between male and female students in SMA Negeri 2 Mranggen. This research is included in non-experimental research. The study population was students of class XI consisting of 9 classes. The sampling technique uses stratified proportional random sampling, using the Slovin formula with a significant level of 10% so that 76 students are obtained from 324 students, 38 students each for male and female. The technique of data collection in this study is in the form of tests of cognitive abilities and creative thinking skills in the form of multiple-choice questions and descriptions of environmental change material. The instrument used was in the form of multiple-choice questions that contained C1-C6 for cognitive abilities and aspects of creative thinking for the problem description. The data collected was then analyzed using quantitative descriptive analysis and independent t-test, with a significance level of 0.05. The results showed a t-test of -1.067 and t-table with a significance (α) of 5% of 1.922 for cognitive abilities. Meanwhile, creative thinking skills were obtained that the t-count was -3.088 and the t-table with a significance (α) of 5% was 1.922. The results of both calculations show that H0 fails to be rejected which means there is no real difference between the creative thinking skills of male students and female students.

Keywords

Kemampuan kognitif; keterampilan berpikir kreatif; laki-laki; perempuan

Full Text:

PDF

References

Abraham, A. (2016). Gender and creativity: an overview of psychological and neuroscientific literature. Brain imaging and behavior, 10(2), 609-618.

Avila, S., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Cooperative Script Dan Gender Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Malang. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2).

Darmawan, E., Brasilita, Y., Zubaidah, S., & Saptasari, M. (2018). Enhancing metacognitive skills of students with different gender using simas eric learning model at state senior high school 6 Malang. Biosfer, 11(1), 48-57.

Goal 5: Achieve gender equality and empower all women and girls. Diakses pada 15 Januari 2020, dari https://www.un.org/.

Griffin, P., McGaw, B., & Care, E. (2018). Assessment and Teaching of 21st Skills. New York: Springer Publishing Company.

Habibah, K. N. (2015). Pengaruh gender terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi pada penerapan strategi pembelajaran pbmp (pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) dipadu tps (think pair share) pada siswa kelas xi ipa di malang. Disertasi dan tesis program pascasarjana um.

Himmah, S. F., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2018, February). Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Reciprocal Teaching Dan Gender Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2).

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).

Lestari, N. T. (2016). Analisis Kemampuan Kognitif, Menalar dan Sikap Siswa SMP pada Materi Ekosistem Dikaitkan dengan Gender.

Liliawati, M. W. (2011). Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(2), 93-98.

Pambudiono, A., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2013). Perbedaan kemampuan berpikir dan hasil belajar biologi siswa kelas x sma negeri 7 malang berdasarkan jender dengan penerapan strategi jigsaw. Laporan Penelitian. Universitas Malang (e-journal. um. ac. id).

Putra, R. D. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Quality Education. Diakses pada 15 Januari 2020, dari https://www.un.org/.

Rosa, F. O. (2017). Eksplorasi Kemampuan Kognitif Siswa Terhadap Kemampuan Memprediksi, Mengobservasi dan Menjelaskan Ditinjau Dari Gender. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 111-118.

Santrock, J. W. (2017). Educational psychology: theory and application to fitness and performance, sixth edition. McGraw-Hill Education

Sipayung, H. D., Sihombing, E., & Sani, R. A. (2017). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan gender terhadap kognitif tingkat tinggi siswa.

Soraya, R. (2010). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran (PBMP+ TPS dan inkuiri) dan jenis kelamin terhadap hasil belajar dan keterampilan metakognitif siswa sekolah dasar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Sulistiyawati, S., & Andriani, C. (2017). Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi berdasarkan perbedaan gender siswa. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2).

Sulistiyono, E. (2017). Pengaruh Metode Speed Reading dipadu dengan Metode Mind Mapping dan Gender terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas X di SMA Swasta Kota Surabaya. Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana UM.

Suprapto, S., Zubaidah, S., & Corebima, A. D. (2018). Pengaruh Gender terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 325-329.

Sutrisno, A., Mila, H., & Santoso, S. (2019, October). Perbedaan Kemampuan Kognitif Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL) dan Inkuiri Di SMP Negeri 24 Bengkulu Utara. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Syarifah, H., Indriwati, S. E., & Corebima, A. D. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran reading questioning and answering (RQA) dipadu think pair share (TPS) terhadap keterampilan metakognitif siswa laki-laki dan perempuan SMAN di Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 801-805.

Ulfa, A., Ruzyati, M., Pujiastuti, P., San, S. M., & Prayitno, B. A. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Laki-laki dan Perempuan di Sebuah SMA Negeri Surakarta. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 532-540).

Wahyuningsih, R. D., Suharto, D. G., Nugraheni, I. D.A, Hidayat, R. S., Poerwandari, E. K. (2009). Pengembangan Model Pendidikan Adil Gender Pada Sekolah Dasar Untuk Optimalisasi Pengarustamaan Gender Bidang Pendidikan. LPPM UNS. Diakses pada 3 Januari 2020, dari https://lppm.uns.ac.id/id/

Yuliskurniawati, I. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE berdasarkan Gender terhadap Keterampilan Proses Sains, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi SMA Negeri di Malang. Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana UM.

Zaduqisti, E. (2009). Stereotype Peran Gender bagi Pendidikan Anak. Jurnal Muwazah Vol, 1, 73-82.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4c: Learning And Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Negeri Malang : Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.