RELEVANSI PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN FISIKA DAN HUBUNGAN DENGAN KINERJA INDIVIDUAL PENGGUNA (STUDI KASUS SMA SE-KABUPATEN KOTABARU)

Muhammad Ali, Radiatul Adawiah

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana relevansi penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran fisika dan hubungan dengan kinerja individual pengguna. Metode penelitian ini merupakan metode deskriptif  kualitatif  melalui analisis data deskriptif persentase dengan tahapan pengembangan angket/kuisioner respon kepala sekolah, guru fisika dan peserta didik terhadap penerapan kurikulum 2013. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru fisika dan peserta didik SMA Se-Kabupaten Kotabaru. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kesiapan siswa dalam melaksanakan kurikulum 2013 tidakberjalan dengan baik melihat dari hasil persentase yang rendah yaitu 29,45%. 2) Kesiapan guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 sudah berjalan dengan cukup baik melihat dari hasil persentase yaitu 59,05%. 4) Kesiapan kepala sekolah dalam melaksanakan kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik melihat dari hasil persentase yang tinggi yaitu 73,27%.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran fisika dalam hubungan kinerja individual masih cukup relevan.

The general purpose of this research is to find out the relevance of implementing the 2013 curriculum in physics subjects and the relationship with individual user performance. This research method is a qualitative descriptive method through descriptive percentage data analysis with the stages of developing a questionnaire/questionnaire for the response of school principals, physics teachers and students to the implementation of the 2013 curriculum. The subjects of this study were school principals, physics teachers and high school students throughout Kotabaru Regency. The results of this study are 1) The readiness of students in implementing the 2013 curriculum is not going well, seeing from the results of a low percentage of 29.45%. 2) The readiness of teachers in implementing the 2013 curriculum has gone quite well, judging from the percentage results, which is 59.05%. 4) The readiness of the principal in implementing the 2013 curriculum has been going well, judging from the high percentage of 73.27%. The conclusion of this study is that the implementation of the 2013 curriculum in physics subjects in relation to individual performance is still quite relevant.

Keywords

Relevansi Kurikulum 2013, Respon, deskriptif kualitatif

Full Text:

PDF

References

Alawiyah, Faridah. (2014, Agustus). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Info Singkat Kesejahteraan Sosial, IV(1), 9-12. Retrieved 10 September 2019, from http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-VI-15-I-P3DI-Agustus-2014-56.pdf

Ben B. Akpan (2010). Innovations in Science and Technology Education through Science Teacher Associations. Science Education International Vol.21, No.2, September 2019, 67-79.

Dewantari, Puspita M.A. 2015. Identifikasi Kesulitan Guru Ipa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Smp Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. (http://eprints.ums.ac.id/34337/1/NASKAH%20PUBLIKASI.p df) diakses pada tanggal 26 Juli 2019).

Kusumastuti, Ayuk, dkk. 2016. Faktor-Faktor Penghambat Guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi, FKIP Universitas Sebelas Maret (online), Vol. 2, No. 1, hlm. 118-133, (file:///C:/Users/Aspire/Downloads/7876-16547-1-SM.pdf.diakses pada tanggal 27 Juli 2019).

Marsigit, 2013, Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013 Bagi Pendidikan Matematika, Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta Yogyakarta, 18 Juni 2019

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Goup.

Sugiyono .2010 .Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

. 2014 .Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.