EFEKTIVITAS MODUL BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cabanilla-pedro, L. A., Acob-navales, M., & Josue, F. T. (2013). Improving Analyzing Skills of Primary Students Using a Problem Solving Strategy. Juournal Of Science And Mathematics Education In S.E Asia, 27(1), 33–53.
Chinedu, C., & Kamin, Y. (2015). Strategies For Improving Higher Order Thinking Skills In Teaching And Learning Of Design And Technology Education. Journal of Technical Education and Training (JTET), 7(2), 35–43.
Fatonah, S., & Prasetyo, Z. K. (2014). Buku Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Ombak.
Gök, T., & Sýlay, I. (2010). The Effects of Problem Solving Strategies on Students’ Achievement, Attitude and Motivation. Latin-American Journal of Physics Education, 4(1), 7–21. Retrieved from http://dialnet.unirioja.es/servlet/articulo?codigo=3694877
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Hugerat, M., & Kortam, N. (2014). Improving Higher Order Thinking Skills among Freshmen by Teaching Science through Inquiry. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 10(5), 447–454. https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1107
Lestari, D. (2013). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(2), 129–141.
Maghfiroh, U. (2011). Penerapan Pembelajaran Fisika Bervisi Sets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 6–12.
Mamu, H. D. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik dan Interaksinya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi. Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), 1–11.
Perveen, K. (2010). Effect of the problem-solving approach on academic achievement of students in mathematics at the secondary level. Contemporaty Isssues In Education Research, 3(3), 9–13.
Prayitno, Y. Y. (2013). Model Pembelajaran Problem Solving Bervisi SETS untuk Meningkatkan Pemahaman terhadap Kebencaanaan Alam dan Perpindahan Kalor serta Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Semarang: Uiversitas Negeri Semarang.
Purnamasari, D., Suciati, & Dwiastuti, S. (2016). Pengaruh Penerapan Media Augmented Reality Berbasis Discovery Learning terhadap Hasil Belajar pada Materi Darah. Bio-Pedagogi, 5(2), 7–14.
Risnawaty, Werdhiana, I. K., & Amiruddin, H. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 3(3).
Sari, W. M., & Sisiloningsih, E. (2015). Penerapan Model Assure Dengan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1), 1468–1477.
Suhendri, H. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 105–114.
Suminto. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Solving pada Materi Pokok Lingkaran. Jurnal E-DuMath, 1(1), 64–72.
Tajudin, N. M., & Chinnappan, M. (2016). The Link between Higher Order Thinking Skills, Representation and Concepts in Enhancing TIMSS Tasks. International Journal of Instruction, 9(2), 199–214. https://doi.org/10.12973/iji.2016.9214a
Tohaarudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. (U. S. Artyasa, Ed.) (Edisi Pert). Bandung: humaniora.
Wenno, I. H. (2010). Pengembangan model modul IPA berbasis problem solving method berdasarkan karakteristik siswa dalam pembelajaran di SMP/MTs. Cakrawala Pendidikan, 2, 176–188.
Yuan, S. (2013). Incorporating Pólya’s Problem Solving Method in Remedial Math. Journal of Humanistic Mathematics, 3(1), 96–107. https://doi.org/10.5642/jhummath.201301.08
Zannah, F. (2013). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Dididk SMA Pada Pembelajaran Konsep Protista Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 8(2), 30–35
Refbacks
- There are currently no refbacks.