PENERAPAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI PADA PELAJARAN FISIKA TOPIK GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMAN 1 PRINGGARATA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Nur Shofia Hidayati, Lalu A. Didik, Yahdi Yahdi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode praktikum berbasis inkuiri pada pelajaran fisika topik getaran dan gelombang untuk  meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 1 Pringgarata. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hal yang diteliti pada penelitian ini adalah aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Aspek kognitif diukur menggunakan tes, aspek psikomotorik diukur menggunakan lembar observasi siswa dan aspek afektif diukur menggunakan angket. Hasil penelitian yang diperoleh pada aspek kognitif pada siklus I dengan rata-rata 81.71 dan pada siklus II dengan rata-rata 91.25. Sedangkan keterampilan proses sains siswa pada aspek psikomotorik dan apektif siswa pada siklus I dengan rata-rata 77.61 dan siklus II 78.20. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode praktikum berbasis inkuiri pada pelajaran fisika topik getaran dan gelombang dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 1 Pringgarata tahun pelajaran 2018/2019.

The purpose of this study was to determine how the application of inquiry-based practicum methods to physics lessons on the topic of vibrations and waves improves learning outcomes and science process skills of class XI students of SMAN 1 Pringgarata. The type of research used is Classroom Action Research (CAR). Where in this study used 2 cycles, namely cycle I and cycle II. The things examined in this study were cognitive, psychomotor and affective aspects. Cognitive aspects were measured using tests, psychomotor aspects were measured using student observation sheets and affective aspects were measured using questionnaires. The results obtained on the cognitive aspect in the first cycle with an average of 81.71 and in the second cycle with an average of 91.25. While the science process skills of students in the psychomotor and affective aspects of students in the first cycle with an average of 77.61 and 78.20 in the second cycle. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of inquiry-based practicum methods in physics lessons on the topic of vibrations and waves can improve learning outcomes and science process skills for class XI students of SMAN 1 Pringgarata in the 2018/2019 academic year.

Keywords

Metode praktikum, Inkuiri, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References

Dedi Holde Simbolon dan Sahyar. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Vol.21 (No.3), hlm.3.

Indri Pratiwi dkk.Pengaruh Metode Praktikum Menggunakan KIT optic Terhadap hasil Belajar Siswa Pada Pokok bahasan cahaya di Kelas VIII SMP Negeri 1 Prabumulih. hlm.1.

Kurnia Rizky dkk. (2016). Efektivitas Pembelajaran Praktikum Berbais Inkuiri Terbimbing Terhadap Gerak Adaptif (Keterampilan) Mata Pelajaran Fisika. Vol.4 (No.2), hlm.1.

Nuraini Fatmi dan Sahyar. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Vol.3. (No.1), hlm.3.

Ria Rahmawati dkk. (2014). Penerapan Praktikum Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Vol.8. (No.4), hlm.2.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

SMAN 1 Pringgarata, Observasi Tanggal 29 Januari 2019, pukul 09.00 Wita.

Supardi dan Suhardjono. (2011). Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kleas. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wiwin Ambarsari dkk. (2013). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Vol.5 (No.1), hlm.2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.