PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X MA SAFINATUNNAJA NW REPOK OAK

Tuti Zikriana Zikriana, Ahmad Zohdi, Muhammad Kafrawi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh pembelajaran fisika dengan  pendekatan induktif melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Safinatunnaja NW Repok Oak.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SM Safinatunnaja NW Repok Oak Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik dokumentasi dan teknik tes. Implikasi dari hasil penelitian adalah bahwa pembelajaran Fisika dengan pendekatan induktif menggunakan metode eksperimen memberikan pengaruh yang lebih baik dengan mendapatkan nilai rata-rata terhadap hasil kognitif sebesar 90.21 dari 28 siswa, sedangkan pada penggunaan metode demonstrasi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 80.87 dari 31 siswa. Selain itu kemampuan awal siswa kategori tinggi akan memberikan kemampuan kognitif yang lebih baik dibanding dengan kemampuan awal siswa kategori sedang dan rendah. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan pendekatan induktif melalui metode eksperimen terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kemudian ada pengaruh penggunaan pendekatan induktif melalui metode demonstrasi terhadap hasil belajar kognitif siswa. Dan ada perbedaan pengaruh antara penggunaan pendekatan induktif melalui metode eksperimen disertai pemberian tugas dan metode demonstrasi disertai pemberian tugas terhadap kemampuan kognitif siswa. Penggunaan metode eksperimen disertai pemberian tugas memberikan kemampuan kognitif lebih baik daripada melalui metode demonstrasi disertai pemberian tugas.

This study aims to determine whether there is a difference in the effect of learning physics with an inductive approach through experimental and demonstration methods on cognitive learning outcomes of class X MA Safinatunnaja NW Repok Oak. This study uses an experimental method with a factorial design. The population in this study were all students of class X Semester II SM Safinatunnaja NW Repok Oak for the 2018/2019 academic year. Data collection techniques used are observation techniques, documentation techniques and test techniques. The implication of the research results is that learning Physics with an inductive approach using the experimental method has a better effect by getting an average score on cognitive outcomes of 90.21 out of 28 students, while using the demonstration method gets an average score of 80.87 out of 31 students. In addition, the initial ability of students in the high category will provide better cognitive abilities than the initial abilities of students in the medium and low categories. Based on the results of the research analysis, it can be concluded that there is an effect of using an inductive approach through the experimental method on students' cognitive learning outcomes. Then there is the effect of using an inductive approach through the demonstration method on students' cognitive learning outcomes. And there is a difference in the effect between the use of the inductive approach through the experimental method with assignments and demonstration methods with assignments on students' cognitive abilities. The use of the experimental method accompanied by assignments provides better cognitive abilities than through the demonstration method accompanied by assignments.

Keywords

Pendekatan Induktif, Metode Eksperimen dan Demonstrasi, Hasil Belajar Kognitif

Full Text:

PDF

References

Ahmad Gunawan, Hairunnisyah Harjono, Sahidu, pengembangan model laboratorium virtual berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah bagi calon guru fisika, volume 5, nomor 2, tahun 2015, hlm. 41.

Aisyah Ani, Pendekatan Induktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Dan Self Confident Siswa SMK. Volume 2, Nomor 1, Maret Tahun 2016, hlm. 2-3.

Amasse S, Yusuf Hidayat Muh, Jusriana. A. Pendekatan Pembelajaran Deduktif Dan Pembelajaran Induktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Pokok Bahasan Pemuaian Kelas Vii Smp Negeri 21 Makassar, Volume 4, Nomor 2, Tahun 2016, hlm. 1.

Desy Astuti Andri , Handhika Jeffry, Kartikawati Sulistyaning., Perbedaan Pengaruh Penggunaan Methode Pembelajaran Eksperimens Dan Demonstrasi Berbentukan PCB. Sederhana Di Tinjau Dari Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Volume 2, Nomor 2, September Tahun 2017, hlm. 8

Hanna Daryl, Sutarto, Harijanto Alex, Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar Pada Pembelajaran Fisika Di Sma, Volume 5, Nomor 1, Juni Tahun 2016, hlm 23.

Hasriani, Peranan Model Pembelajaran Berfikir Induktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VII A SMP Aksara Bajeng, Volume 2 Nomor 3 Tahun 2012, hlm. 218-219.

Hikmawati, Strategi Pembelajaran Fisika, Mataram: FKIP Pres UNRAM, 2014.

Iskandar Akbar, Muhammad Rizal, Analisis Kualitas Soal Di Perguruan Tinggi Berbasis Aplikasi TAP, Volume 21 Nomor 2, Tahun 2017, hlm 14-15.

Kurniawati Endang, Rahman Aththibby Arif, Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2013/2014, hlm. 52.

Lutvaidah Ukti, Pengaruh Metode Dan Pendekatan Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep Matematika, 2015, hlm. 282.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.2011.

Mulya Astuti Alfira. Statistika Penelitian. Insan Madani Publishing Mataram. 2016.

Muslich, Masnur. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2016

Nasution, S. Kurikulum dan Pengajaran. Bandung: Bina Aksara. 2016.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Tahun 2013.

Rusmawati, Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran Discovery Terbimbing Kelas X MIA2 SMA Negeri I Barru, Volume 5 Nomor 1 Tahun 2016, hlm. 2.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2011.

Sanjaya, Wina. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group. 2014.

Saregar Antomi, dkk, Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Verbal Siswa, Volume 2 Nomor 2 Tahun 2013, hlm 112.

Sudjana Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D, Gegerkalang Hilir: Bandung,2012.

Supu Idawati, dkk, Pengaruh suhu terhadap perpindahan panas pada material yang berbeda, Volume 7 No 1 Apri Tahun 2016, hlm 66-68.

Wiratma Jaya Gede, Patasik Boas,Eka, Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X Mia 3 Sma Negeri 1 Tenggarong (Materi Suhu Dan Kalor), Maret Tahun 2016, hlm. 24.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.