PENGEMBANGAN MODUL FISIKA SMA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY PADA MATERI ELASTISITAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Keberadaan modul fisika SMA yang mengaitkan konsep sains dan teknologi serta dampaknya ke masyarakat masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, mengukur kelayakan, dan mengukur peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada penggunaan modul Fisika berbasis science technology society (STS) pada materi elastisitas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi lima langkah. Modul yang sudah melalui tahap validasi ahli, guru, dan teman sejawat kemudian diujicobakan secara luas kepada 29 siswa. Hasil analisis data penelitian menunjukkan: 1) karakteristik modul adalah modul dikemas dalam tampilan yang menarik dan mudah digunakan, modul dikemas dengan menyajikan materi secara utuh, kegiatan belajar dalam modul bersifat saintifik yang mendukung Kurikulum 2013, dan modul menyajikan materi yang adaptif dan visioner; 2) kelayakan modul dilihat dari penilaian ahli, guru, teman sejawat yang memiliki nilai rata-rata di atas nilai cut off score (89% > 88%) dan penilaian produk oleh siswa (84% > 83%) 3) Penggunaan modul Fisika SMA berbasis STS pada materi elastisitas dapat meningkatkan hasil belajar (n-gain kategori sedang) dan motivasi belajar siswa (n-gain kategori rendah) dan 79% siswa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin. (2009). Studi Kelayakan Fasilitas Fisik dan Kemampuan Guru Dalam Menunjang Pelaksanaan Pembelajran Berbasis Teknologi Informasi di Jurusan Teknik Elektro SMK 2 Pengasih. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Asy’ari, M. (2006). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
Chantaranima, T & Yuenyong, C. (2014). The Outcomes of Teaching and Learning About Sound Based on Science Technology and Society (STS). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116 : 2286 – 2292.
Delors, J., et al. (1996). Learning: The Treasure Within. Paris : UNESCO.
Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi Pembelajaran Fisika. Jakarta: Balitbang.
Depdiknas. (2008). Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Depdiknas
Fajar, A. (2009). Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hake, R.R. (1999). Analyzing Gain/Change Scores. Diperoleh 2 Juli 2016 dari http://lists.asu.edu/
Kumar, D. D. & Daryl E. C. (2000). STS: Adding Value to Research and Practice. Journal of Science Education and Technology, 9 (2) : 136
Poedjiadi, A. (2010). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahayu, S., Widodo, A.T., & Sudarmin. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model POE Berbantu Media “I am Scientist”. Inovative Journal of Curriculum and Educational Technology. 2(1) : 128-133.
Rahmadiyati, A.S. (2007). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II Melalui Penerapan Alat Peraga Gambar pada Mata Belajaran Bahasa Indonesia. Diperoleh 5 Desember 2016 dari http://digilib.unnes.ac.id/
Rosenblum, B. (2008). How to Study Physics. Diperoleh 4 Desember 2015 dari http://griffin.ucsc.edu/
Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivas Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Sumintono, B. (2008). Mengemas Sains, Teknologi dan Masyarakat dalam Pengajaran Sekolah. (diakses melalui netsains.net pada tanggal 13 Agustus 2014)
Surmeli, H. (2012). Examination The Effect Of Science Fiction Films On Science Education Students’ Attitudes Towards STS Course. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47 :1012 – 1016
Wenno, I. H. (2010). Pengembangan Modul Model IPA berbasis Problem Solving Method berdasarkan Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran di SMP/MTs. XXIX(2):176-188
Winnie, S. (2009). Pendekatan Kombinasi AHP dan Metode Cut Off Point pada Tahap Analisis Keputusan Perancangan Sistem Informasi Penjualan. J@Ti Undip, IV (3) : 218-233
Yager, R. E, et al. (2009). A Comparison of Student Learning in STS vs Those in Directed Inquiry Classes. Electronic Journal of Science Education, 13 (2) : 186-208
Refbacks
- There are currently no refbacks.