PENGEMBANGAN MODEL DISCOVERY LEARNING USING SURVEY PADA MATERI FUNGI SMA KELAS X MIPA
Abstract
Tujuan penelitian dan pengembangan yaitu untuk mengetahui : 1) Karakteristik model Discovery Learning Using Survey pada materi jamur di SMA Negeri I Jogorogo Ngawi, 2) Kelayakan model Discovery Learning Using Survey pada materi jamur di SMA Negeri I Jogorogo, 3) Kefektifan model Discovery Learning Using Survey terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri I Jogorogo. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R & D) mengacu pada model Borg &Gall yang telah dimodifikasi. Kelayakan model divalidasi oleh ahli model, ahli materi, dan guru biologi (praktisi). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA dengan rincian 23 research and information collection, 15 siswa untuk tahap main field testing dan 57 siswa untuk tahap operasional field testing. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan : 1) Karakteristik model Discovery Learning Using Survey dilakukan dengan memperhatikan karakteristik dari model yaitu adanya sintaks, sistem sosial, sistem pendukung, peran siswa, peran guru, dampak instruksional, dan dampak pengiring, 2) hasil pengembangan model Discovery Learning Using Survey layak untuk diterapkan pada materi fungi. Kelayakan model Discovery Learning Using Survey berdasarkan penilaian dari ahli, praktisi, dan respon siswa yang secara keseluruhan memberikan kategori sangat baik pada produk pengembangan dan layak digunakan di SMA Negeri I Jogorogo, 3) model Discovery Learning Using Survey sangat efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dari rerata hasil belajar antara kelas baseline dengan kelas uji coba dengan penggunaan model Discovery Learning Using Survey lebih baik dibandingkan dengan kelas baseline yang menggunakan model ceramah bervariasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R.I. (2008). Learning to Teach (Terjemahan) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ajiboye,J.O (1996). The Modified lectur Method and student cognitive and affective Outcome in some population Education Concept. Unpblished Ph.D. Thesis Departement of teacher Education Universiy of Ibadan, Ibadan.
Borg, Walter R & Gall, Meredith D (1983). Educational Research- An Introduction. Longman. New York & London.
Badan Standar Nasional Pendidikan.2009. Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta Kemendikbud.
_________ 2010. Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta Kemendikbud.
_________ 2010. Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta Kemendikbud.
_________ 2010. Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta Kemendikbud.
Campbell,N.A. et al. 2002. Biologi. Jilid 3. Jakarta:Erlangga
Hamid, Mirza Faisal. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Guided Discovery dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Pengendalian Elektromagnetik Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 02 Nomor 1. 247-253.
Ilahi, Muhammad Takdir. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Hand out: 258-363
Mujiman, Haris. 2009. Belajar Mandiri. Surakarta:LPP UNS dan UNS Press
Prayitno, Baskoro Adi. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Biologi SMA Berbasis Konstruktivis-Kolaboratif untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kompetensi Biologi Siswa Berkemampuan Akademik Bawah. Malang: Universitas Negeri Malang
Silberman, Mel. (2001). 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka pelajar.
Trianto.2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Trianto.2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wena,made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara. Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.