PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEMA SISTEM GERAK MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VIII

Tri Wiyoko, Nonoh Siti Aminah, Baskoro Adi Prayitno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan  modul IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan tema sistem gerak manusia; (2) menguji kelayakan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan tema sistem gerak manusia; (3) menguji keefektifan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan tema sistem gerak manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian pengembangan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing menggunakan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu Define, Design, Development, dan Dessemination. Modul dinilai berdasarkan kelayakan materi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kegrafikan. Pengumpulan data menggunakan angket analisis kebutuhan, lembar validasi, dan angket penyebaran (disseminate). Modul diujicobakan terbatas  untuk 9 siswa dan uji coba lapangan 20 siswa di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. analisis uji keefektifan modul menggunakan Uji-t Independent Samples Test dan  tahap penyebaran menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian: (1) modul IPA berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan memiliki karakteristik yaitu langkah pembelajaran pada modul disesuaikan dengan langkah pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mengaitkan kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Kelayakan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan hasil penilaian ahli (materi, bahasa, kegrafikan dan penyajian) praktisi pendidikan, dan teman sejawat menunjukkan bahwa penilaian rata-rata modul guru lebih besar dari nilai cut off Score (94,03 > 93,40 ) dengan kategori sangat baik. Kemudian penilaian modul siswa dihasilkan rata-rata nilai cut off Score (89,21> 88,21) dengan kategori sangat baik, serta hasil disseminate modul guru diperoleh persentase rata-rata 80,25% dengan kategori baik. (3) Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing efektif meningkatkan kemampauan berpikir kritis siswa yang berdasarkan perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai taraf siginikansinya ( p < 0,005; 0,002< 0,005).

Keywords

Modul IPA; Inkuiri Terbimbing; Berpikir Kritis

References

Afrizon, Renol., Wulan, Ratna dan Fauzi , Ahmad. 2012. Peningkatan Perilaku Berkarakter Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX Mtsn Model Padang Pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Padang : Pendidikan Fisika PPs UNP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1(2012)1-16 http://ejournal.unp.ac.id

Ahmad Shukri, Noraini. 2015. A Review on Developing Critical Thinking Skills through Literary Texts. Australia : Australian International Academic Centre. Advances in Language and Literary Studies. Vol. 6 No. 2; April 2015.

Anggareni N. W. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Singaraja: E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Volume 3 Tahun 2013.

Awg Kitot, Awg Kasmurie. (2010). The Effectiveness of Inquiry Teaching in Enhancing Students Critical Thinking. International Journal Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences. ISSN 1877-0428 (page 266-273).

Depdiknas. 2007. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta Pusat: www.puskur.net

Dharma, Surya. 2008. Kreativitas. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Rektorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Eyiuche Ifeoma, olibie dan Kate Oge, Ezeoba. 2014. Ability and Location Differences in the Effects of Guided Inquiry on Nigerian Students’ Achievement in Social Studies Curriculum. Journal of Education and Human Development. Published by American Research Institute for Policy Development.

Foster, Jamie S. (2015). Developing the Critical Thinking Skills of Astrobiology Students through Creative and Scientific Inquiry. Journal Astrobiology. 2015 Jan 1; 15(1): 89–99. https://www.ncbi.nlm. nih.gov/pmc/articles/ PMC4290794/

Hasratuddin. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 4. No.2 Desember 2010

Martawijaya, Muhammad Agus. 2015. Karakter Peserta Didik Dan Hubungannya Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fisika Siswa SMP. Universitas Negeri Makassar. Journal Of EST, Volume 1, Nomor 2. September 2015 Hal 1-7

Matthew, Bakke M & Kenneth, Igharo O. 2013. A Study On The Effects Of Guided Inquiry Teaching Method On Students Achievement In Logic. University of The Gambia. International Researcher Volume No.2 Issue No. 1 March

Quitadamo, Ian J, Celia L. Faiola, James E. Johnson, and Martha J. Kurtz. 2008. Community based Inquiry Improves Critical Thinking in General Education Biology. Central Washington University, Ellensburg. Article Vol. 7, 327–337

Retnosari, Nilam, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi SMA Negeri di Bojonegoro. Pendidikan Bologi Pascasarjana-Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Volume: 1 Nomor: 8 Bulan Agustus Tahun 2016 Halaman: 1529—1535.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung; Kencana Prenadamedia group.

Sen, Senol Dan Yılmaz, Ayhan (2015), The Effects Of Process Oriented Guided Inquiry Learning Environment On Students’ Self-Regulated Learning Skills. ProblemsOf Educationin The 21st Century. volume 66, 2015

Sereni, Christine. 2015. Teaching Strategies for Critical Thinking Skills. Academic Exchange Quarterly: Saint Leo University. Volume 19, Issue 3

Sudarmini. 2015. Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Menggunakan LKS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. Program Studi Magister pendidikan IPA Program Pascasarjana IPA Universitas Mataram. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA).Vol 1,No1

Tawil, Muh dan Liliasari. 2013. Berpikir Kompleks dan implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM

Wang, Pi-Hsia (2013). The Learning Effectiveness Of Inquiry-Based Instruction Among Vocational High School Students. Educational Research International . ISSN-L: 2307-3713, ISSN: 2307-37212 Vol. 2 No.2 October 2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.