PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI TEKNIK FISHBONE DIAGRAM DAN CONCEPT MAPPING DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN GAYA BELAJAR SISWA

Sri Mulyani, Suciati Suciati, Mohammad Masykuri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) disertai teknik fishbone diagram dan concept mapping, kreativitas, gaya belajar, dan interaksinya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 2 menggunakan PBL dengan teknik fishbone diagram dan kelas XI IPA 3 menggunakan PBL dengan teknik concept mapping. Pengambilan data kreativitas dan gaya belajar dengan angket, hasil belajar kognitif dikumpulkan dengan menggunakan tes, hasil belajar afektif dikumpulkan dengan teknik observasi, dan hasil belajar psikomotorik dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Uji normalitas dengan menggunakan uji Shapiro Wilk. Uji homogenitas menggunakan Uji Levene Statistic. Uji hipotesis menggunakan Anava tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2 mengunakan Software SPSS 18 for Windows. Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut: 1) ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pembelajaran Biologi menggunakan model PBL disertai teknik fishbone diagram dan concept mapping pada aspek kognitif dan psikomotorik, sedangkan untuk hasil belajar afektif tidak ada; 2) tidak ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik; 3) ada perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dan visual, tidak ada perbedaan pada aspek afektif dan psikomotorik; 4) ada interaksi antara pembelajaran Biologi menggunakan model PBL disertai teknik fishbone diagram dan concept mapping dengan kreativitas terhadap hasil belajar psikomotorik, sedangkan untuk hasil belajar kognitif dan afektif tidak ada; 5) ada interaksi antara pembelajaran Biologi menggunakan model PBL disertai teknik fishbone diagram dan concept mapping dengan gaya belajar terhadap hasil belajar psikomotorik, sedangkan pada aspek kognitif dan afektif tidak ada; 6) tidak ada interaksi antara kreativitas dan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik; 7) tidak ada interaksi antara model PBL disertai teknik fishbone diagram dan concept mapping, kreativitas dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Keywords

model PBL; fishbone diagram; concept mapping; kreativitas; gaya belajar

References

Amin, S., Sunarno, W., dan Suparmi. 2012. Pembelajaran Fisika dengan Media Satket dan Media Interaktif ditinjau dari Motivasi Belajar dan Motivasi belajar Siswa. Jurnal Inkuiri Pascasarjana UNS. Vol 1, No 1: 69-77.

Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Jakarta: Depdiknas.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

DePorter, B dan Hernacki, M. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Karli, Hilda dan Hutabarat, Oditha R. 2007. Implementasi KTSP dalam Model-Model Pembelajaran. Bandung: Generasi Info Media.

Laksmana, Brimy. (2014). Pembelajaran Abad Ke-21 dan Transformasi Pendidikan. Diperoleh 12 April 2016, dari http://edukasi101.com/ innovated-pembelajaran-abad-ke-21-dan-transformasi-pendidikan/.

Lubis, Richa Luluk Ismurita. 2011. Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah (PBL) Menggunakan Peta Konsep dan LKS Ditinjau Dari Kemampuan Memori dan Kreativitas Siswa. Tesis. Program Pendidikan Sains Pascasarjana UNS. Surakarta. (Unpublished).

Marrapodi, Jean. 2003. Critical Thingking and Creativity An Overview and Comparison of The Theories. Critical Thingking & Creativity. A Paper Presented in Partial Fulfillment Of the Requirements of ED7590 Critical Thingking and Adult Education: 1-25.

Munandar, Utami. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nur, Mohamad. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah.Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Okafor, Gabriel A. 2013. Effect of Concept Mapping and Outline Note-Taking Patterns in Students Academic Achievement in Geography in Secondary Schools in Enugu South Lga of Enugu State. J. of Education and Practice, 7(5): 53-60.

Said, Mohamad, Mohamad Mohsin dan Nasrudin Yunos. (2008). Peranan Guru dalam Memupuk Kreativiti Pelajar. J. Pengajian Umum Bil 9: 58-71.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Refbacks

  • There are currently no refbacks.