pengembangan quick response code (qr code) sebagai inovasi identifikasi tanaman bagi siswa SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

suhana rosa, mahwar qurbaniah, ari sunandar

Abstract


Qr code merupakan sebuah sistem yang menggunakan kode gambar dua dimensi yang juga berasal dari evolusi barcode qr code dapat digunakan sebagai sumber belajar . Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran qr code yang layak dan mendapatkan respon positif siswa. Pengembangan media qr code ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development). Model penelitian pengembangan 4-D (Four D model), Peneliti hanya menggunakan 3  langkah yaitu: Tahap Define (Perencanaan), tahap Design (Perancangan) dan tahap Develop (Pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan media qr code yang dikembangkan menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon mendapatkan  nilai pada aspek media 80,00% (layak ), aspek materi 88,00% (sangat layak), aspek bahasa 82,00% (sangat layak). Sedangkan hasil respon siswa menggunakan 2 uji coba pengembangan yaitu uji coba skala kecil 90% (sangat positif) dan uji coba skala besar 88,41% (sangat positif). Dapat disimpulkan media yang dikembangkan valid dan mendapatkan respon sangat positif dari siswa.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Quick Response Code, Model R&D


rticle

References


Abidin, C. (2015). Microcelebrity: Branding Babies on the Internet. Journal, 18(5). https://doi.org/10.5204/mcj.1022

Abidin, Z. (2017). Determinan Return Saham dan Implikasinya Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Sekuritas, 1(1), 18–33.

Amalia, S. R., Purnamasari, V., & Darsimah, D. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1594–1601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.747

Ardiansyah, M., & Nugraha, M. L. (2021). Analisis Empiris: Solusi Perkuliahan Di Era Normal Baru. Research and Development Journal of Education, 7(1), 182. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.7965

Auliya, M., & Nurmawati, I. (2021). Pengembangan E-Modul Materi Pisces Kelas X SMA/MA dengan Konteks Potensi Pesisir Jembrana. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 45–51. https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.59

Fadzlin, A., Zubir, M., & Habidin, N. F. (2012). The development of sustainable manufacturing practices and sustainable performance in Malaysian automotive industry. Journal of Economics and Sustainable Development, 3(7), 130–139.

Jackson, D. W. (2011). Standard bar codes beware-smartphone users may prefer qr codes. Law Library Journal, 103(1), 153–158.

Labeau, S. O., Afonso, E., Benbenishty, J., Blackwood, B., Boulanger, C., Brett, S. J., Calvino-Gunther, S., Chaboyer, W., Coyer, F., Deschepper, M., François, G., Honore, P. M., Jankovic, R., Khanna, A. K., Llaurado-Serra, M., Lin, F., Rose, L., Rubulotta, F., Saager, L., … Erdogan, E. (2021). Correction to: Prevalence, associated factors and outcomes of pressure injuries in adult intensive care unit patients: the DecubICUs study (Intensive Care Medicine, (2021), 47, 2, (160-169), 10.1007/s00134-020-06234-9). In Intensive Care Medicine (Vol. 47, Issue 4, pp. 503–520). https://doi.org/10.1007/s00134-020-06327-5

Munirah & Arief.M.M. (2015). Using Task-Based Approach in Improving the Students’ Speaking Accuracy and Fluency. Journal of Education and Human Development, 4(3), 181–190. https://doi.org/10.15640/jehd.v4n3a19

Nuryana, N., & Sahrir, D. C. (2019). Respon Guru Terhadap Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.24235/dimasejati.v1i1.5401

Olivia, C. T., & . M. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN Untuk Melatih Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Daya Hantar Listrik larutan. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32705

Prathivi, R. (2019). Analisa Sistem QR CODE Untuk Identifikasi Buku Perpustakaan. Jurnal Pengembangan Rekayasa Dan Teknologi, 14(2), 37. https://doi.org/10.26623/jprt.v14i2.1225

Purwanto, A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Berorientasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan hasil Belajar SISWA KELAS IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1), 882–891. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p882-891

Riduwan, A. (2018). Relevansi Etika Keutamaan Aristoteles Bagi Profesi Akuntan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 7(4), 422–440. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2003.v7.i4.363

Ridwan, F. Z., Santoso, H., & Agung, dan W. P. (2010). Mengamankan Single Identity Number (SIN) Menggunakan QR Code dan Sidik Jari. Internetworking Indonesia Journal, 2(2), 17–20.

Sen, A. K., & Tiwari, P. K. (2017). “Security Issues and Solutions in Cloud Computing”. IOSR Journal of Computer Engineering, 19(2), 67–72. https://doi.org/10.9790/0661-1902046772

Spittle, B. (2020). Reviews of developmental fluoride neurotoxicity by Grandjean and Guth et al. In Fluoride 53 (2), 204–219.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono 2015 BAGIAN 3. In Penerbit AlphaBeta.

Sulasmianti, N. (2018). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 143–158. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.365

Sulistiyawati & Herdianti, R. (2015). Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Laboratorium Biologi Sebagai Sumber Belajar IPA Biologi untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Ensiklopedia Peralatan Laboratorium Biologi Sebagai Sumber Belajar IPA Biologi SMP Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 77–84. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6686/6028

Sutheebanjard, P., & Premchaiswadi, W. (2010). QR-code generator. Proceedings - 2010 8th International Conference on ICT and Knowledge Engineering, ICT and KE 2010, 89–92. https://doi.org/10.1109/ICTKE.2010.5692920

Wicaksono, D. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Institusional, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Ketetapan Penyampaian Waktu Laporan Keuangan. Kinerja, 3(02), 183–197. https://doi.org/10.34005/kinerja.v3i02.1158




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi.v17i1.66801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi


BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.