The Implementation of the Teams Game Tournament (TGT) Model to Increase Biology Learning Activeness
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfin, J., Fatin, A., Ningrum, A., Ummah, K., Anshori, M., Juhaeni, Safaruddin, & Hasmiati. (2022). Dampak Transisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ke Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24–40. https://doi.org/10.53621/jippmas.v2i1.79
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.
Astiti, N.D., Mahadewi, L.P.P, & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688
Awan, O., Dey, C., Salts, H., Brian, J., Fotos, J., Royston, E., Braileanu, M., Ghobadi, E., Powell, J., Chung, C., & Aufferman, W. (2019). Making Learning Fun: Gamiong in Radiology Education. Academic Radiology, 26(8), 1127–1136. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.acra.2019.02.020
Dahir. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyimak (Listening Skill) Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 2 Kampar Melalui Pronunciation “Odd One Out” Games Pada Teks Explanation Tahin Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1384–1400. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/124
Fatria, F., & Ainun, H. (2021). Kemampuan Menulis Artikel Dengan Metode Diskusi Oleh Siswa Kelas Xii Smk Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020-2021. Education Journal of Indonesia, 2(May), 12–20.
Irawati, H., Susilo, M. J., & Aprilia, N. (2016). Peningkatan Oral Activities Dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Mata Kuliah Development Of Students Pgmipa-U. Proceeding Biology Education 13(1), 503–508.
Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Didaktis: Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23–35. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1555/1275
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955
Klinmalee, R., & Charoenboon, P. (2022). The Assessment for learning of Cooperative Learning Activities using Online Team Game Tournament Technique ( TGT ). Journal of Positive School Psychology, 6(3), 9132–9141.
Muslim, M., Martias, M., & Nasir, M. (2019). Correlation of Activities Learning with Learning Outcomes Student in Vocational High School. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 45–56. https://doi.org/10.30870/vanos.v4i2.6349
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 87 - 93.
Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.
Sari, R. N. (2019). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(8), 407–415.
Slavin, R. (2015). Cooperative Learning: Theory, research, and Practise. Allyand and Bacon Publishers.
Sudjana. (2012). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. PT Remaja Risdakarya.
Sulistyo, E. B., & Mediatati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913
Suseno, W., Yuwono, I., & Muhsetyo, G. (2017). Persamaan linear dua variabel dengan pembelajaran kooperatif TGT. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1298–1307. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/%0AEISSN: 2502-471X%0ADOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI
Wahyudi, D., & Haryono, . (2014). Indonesian Journal Of Curriculum And Educational Technology Studies Efektifitas Model Teams Game Tournament (Tgt) Dengan Media Sulap Untuk Menyelesaikan Soal Fisika Kelas Vii Smp Negeri 1 Karimunnjawa Info Artikel. Ijcets, 3(1), 64–69. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp
Wahyuningsih. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Sleman:Deepublish. https://books.google.co.id/books
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v16i1.64532
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.