High School Biology Learning Media During the Covid-19 Pandemic in Indonesia: Systematic Literature Review
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aina, M., Budiarti, R. S., Muthia, G. A., & Purba, D. A. P. B. (2021). Motivasi belajar biologi peserta didik SMA pada pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Journal of Biology Education Research, 2(1), 1-12. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/3379
Anjarwati, S., Wardany, K., Khoirudin, M., & Novitasari, C. (2021). Analisis kendala dan alternatif pembelajaran biologi pada masa pandemi Covid-19 di SMA Muhammadyah 1 Bangunrejo. Oryza Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 10-18. http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/OZ/article/view/614
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2020). Developing BTEM-Based virtual biology laboratory to improve students' critical thinking skills on the concept of bacteria. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 216-227. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v9i2.7379
Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jurnal Petik, 7(1), 7-18. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988
Basri, H., Waspodo, & Sumarni, S. (2013). Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk meningkatkan Mmotivasi belajar siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(1), 35-44. https://repository.unsri.ac.id/10349/
Budiyasa, D. P. (2021). Meningkatkan hasil belajar tentang sel melalui implementasi pembelajaran daring aplikasi google classroom pada siswa kelas XI IPA.1 SMA Negeri 1 Tegallalang. SULUH PENDIDIKAN (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan), 19(1), 53-68. https://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/suluh-pendidikan/article/view/237
Cahyoratri, T. E. (2018). Pengembangan modul berbasis Pop-up untuk materi virus kelas X SMA http://repository.usd.ac.id/16765/
Darmawan, H., & Nawawi. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif dan lembar kerja siswa pada materi virus. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(1), 27-36. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JBIO/index
de Barcelos Silva, A., Gomes, M. M., da Costa, C. A., da Rosa Righi, R., Barbosa, J. L. V., Pessin, G., De Doncker, G., & Federizzi, G. (2020). Intelligent personal assistants: A systematic literature review. Expert Systems with Applications, 147. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2020.113193
Dewi, V. A. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis gim edukasi pada materi metabolisme Kelas XII http://repository.usd.ac.id/40323/
Fauziah, D. A. (2015). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis web terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran programmable logic controller jurusan TIPTL kelas XI SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal http://lib.unnes.ac.id/27808/
Haka, N. B., Majid, E., & Pahrudin, A. (2021). Pengembangan E-modul android berbasis metakognisi sebagai media pembelajaran biologi Kelas XII SMA/MA. Jurnal Pendidikan Sians dan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2155
Haka, N. B., Suryaasih, P. A., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2021). Pengembangan multimedia interaktif terintegrasi nilai sains sebagai solusi peningkatan kemampuan berpikir kritis Kelas XI mata pembelajaran biologi di tingkat SMA/MA. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 13(1), 1-13. https://doi.org/10.25134/quagga.v13i1.3202
Hariyadi, S. (2021). Meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa melalui penggunaan google classroom untuk kelas daring biologi di SMA. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(1), 50-50. https://doi.org/10.32529/glasser.v5i1.845
Irwandi, & Lusilawat. (2021). Efektivitas pembelajaran daring melalui Whatsapp terhadap minat dan hasil belajar biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 166-174. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/2519
Kania, R., Hadi, N., & Susanti, D. K. (2021). Penerapan media pembelajaran online melalui pemanfaatan google classroom saat pandemi covid-19 pada pelajaran biologi. Sintesa: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 1-6. http://sintesa.stkip-arrahmaniyah.ac.id/index.php/sintesa/article/view/31
Kharom, A., Sutjihati, S., & Risma Munandar, R. (2020). Pengembangan games moneter (monopoly vertebrata) sebagai media pembelajaran siswa. Journal of Biology Education Research, 1(1), 1-09. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jber/article/view/2630
Kitchenham, B., Mendes, E., & Travassos, G. H. (2007). A systematic review of cross- vs. within-company cost estimation studies. IEEE Transactions on Software Engineering, 33(5), 316-329. https://doi.org/10.1109/TSE.2007.1001
Kurniati, T., Yusup, I. R., Hermawati, A. S., & Kusumahwardani, D. (2021). Respon guru terhadap kendala proses pembelajaran biologi di masa pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40-46. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/765
Leshin, C. B., Pollock, J., & Reigeluth, C. M. (1992). Instructional design strategies and tactics. Educational Technology Publications.
Liunsanda, O. R., Lawalata, H. J., & Alfonds, A. M. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi google classroom dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Tondano. JSPB BIOEDUSAINS: Jurnal Sains Pendidikan Biologi, 2(1), 17-22. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bioedusains/article/view/2088
Mahendra, I. G. E. (2021). Pembuatan video pembelajaran interaktif siswa berbasis “Cinta” melalui SFH untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 290-301. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244537
Nurbaetina, & Roviati, E. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis kahoot pada materi ruang lingkup biologi SMA/MA X. Jurnal Bio Education, 6(1), 38-43. https://doi.org/10.31949/be.v6i1.2650
Nurdayanti, Hala, Y., & Hiola, S. F. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis portable moodle untuk materi sistem pernapasan Kelas XI SMA Universitas Negeri Makasar]. Makasar. http://eprints.unm.ac.id/20528/
Pamungkas, E. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android berbantuan smart apps creator pada materi metabolisme kelas XII Universitas Sanata Dharma]. Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/40284/
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis pembelajaran daring terhadap kejenuhan belajar mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di tengah pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29-38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7
Prihatiningtyas, S., Tijanuddarori, M. W., & Sholihah, F. N. (2021). Media interaktif E-modul biologi materi virus sebagai pendukung pembelajaran daring di MAN 3 Jombang. Journal of Education and Management Studies, 4(3), 1-8. https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/460
Putri, A. A., & Ardi. (2021). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 1-7. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33931
Ramadan, R. R., Safei, S., Damayanti, E., & Jamilah. (2021). Strategi belajar overlearning menggunakan media edmodo dapat meningkatkan motivasi belajar biologi peserta didik. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1), 30-43. https://doi.org/10.26877/bioma.v10i1.7176
Raneza, F., Widowati, H., & Santoso, H. (2021). Media pembelajaran komik digital biologi dengan mengintegrasikan nilai keislaman.
Riska, E. L., Lihiang, A., & Lawalata, H. J. (2021). Pemanfaatan media audio visual berbasis movie learning dalam pembelajaran biologi pada konsep virus di SMA Negeri 2 Pineleng. JSPB BIOEDUSAINS: Jurnal Sains Pendidikan Biologi, 2(1), 23-28. https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/bioedusains/article/view/2092
Ristanto, R. H., Mahardika, R. D., & Rusdi. (2021). Digital flipbook immunopedia (DFI ): A learning media to improve conceptual of immune system. Journal Pf Physics: Conference Series, 1796. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012066
Santosa, T. A., & Marina, E. (2020). Analisis masalah pendidikan biologi pada Sekolah Menengah Pertama di era pandemi Covid-19. Jurnal ReviewPendidikan dan Pengajaran, 3(2), 273-278. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/1278
Saputra, S. (2020). Pengembangan aplikasi E-learning berbasis android sebagai media pembelajaran materi bioteknologi terintegrasi dengan kebudayaan lokal di SMA/MA https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/18854
Saraswati, S. A., Widiyaningrum, P., & Indriyanti, D. R. (2021). Development of mobile learning (My Repro) based on contextual teaching learning to improve cognitive understanding senior High school student. Journal of Innovation Science Education, 10(1), 37-48. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/47824
Setyaningrum, N., Rubini, B., & Ardianto, D. (2021). Analisis kemampuan self regulation siswa pada pembelajaran sains saat PJJ online di era pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 5(1), 9-20. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i1.852
Siksnelyte-Butkiene, I., Streimikiene, D., Lekavicius, V., & Balezentis, T. (2021). Energy poverty indicators: A systematic literature review and comprehensive analysis of integrity. Sustainable Cities and Society, 67. https://doi.org/10.1016/j.scs.2021.102756
Sriwiyati. (2021). Pengajaran daring untuk meningkatkan partisipasi siswa dan ketuntasan belajar pada mata pelajaran biologi di SMA dengan platform google classroom. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1-8. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/1090
Syahpitri, S. A. (2021). Analisis pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran biologi pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 6 Medan http://repository.uinsu.ac.id/11784/
Talakua, C., & Elly, S. S. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran biologi berbasis mobile learning terhadap minat dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA kota Masohi. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), 46-57. https://doi.org/10.22437/bio.v6i1.8061
Tandirerung, I. K. (2021). Pengaruh media pembelajaran online (Edmodo) terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan pada manusia kelas XI IPA SMAN 3 Gowa https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/13345-Full_Text.pdf
Umam, K. (2013). Penerapan media digital dalam pembelajaran apresiasi Batik kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 1(1), 100-105. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/9788
Utami, N., Khairuddin, K., & Mahrus. (2020). Perbedaan hasil belajar biologi siswa pada penggunaan media video dengan media powerpoint melalui pembelajaran dalam jaringan (Daring) di SMAN 3 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 96-101. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.120
Veygid, A., Aziz, S. M., & S.R, W. S. (2020). Analisis fitur dalam aplikasi instagram sebagai media pembelajaran online mata pelajaran biologi untuk siswa Sekolah Menengah Atas. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 39-48. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.5
Wahyuni, S. E., Sudarisman, S. M., & Karyanto, P. (2013). Pembelajaran biologi model Poe (Prediction, Observation, Explanation) melalui laboratorium riil dan laboratorium virtual ditinjau dari aktivitas belajar Dan kemampuan berpikir abstrak. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 2(03), 269-278. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v2i03.9800
Wicaksana, E. J., Atmadja, P., Wikanso, Putri, L. N., & Muthia, G. A. (2020). Edmodo as a solution to enhance student learning interest in high school biodiversity during the COVID-19 pandemic. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 216-229. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v13n2.216-229
Zulfarina, Syafii, W., & Putri, D. G. (2021). E-Magazine based on augmented reality digestive as digital learning media for learning interest. Journal of Education Technology, 5(3), 417-424. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.36110
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v15i2.59994
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.