Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pengolahan Limbah Menjadi Trash Fashion Melalui PjBL

RINI ASTUTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan dalam mengembangkan pembelajaran di luar kelas berbasis proyek untuk meningkatkan kretivitas siswa dalam penanganan limbah.  SMK sebagai sekolah menengah kejuruan, siswanya dituntut untuk mempunyai keterampilan yang diperlukan di industri/dunia usaha. Untuk itu maka   dalam kegiatan pembelajaran harus dapat mendukung tumbuh kembangnya pribadi peserta didik yang berjiwa kewirausahaan dan mempunyai kecakapan hidup. Salah satunya melalui  pembelajaran berbasis proyek dengan mengolah limbah menjadi trash fashion. Penelitian diawali dengan observasi lingkungan sekolah oleh guru, kemudian guru menyusun lembar kerja siswa (LKS). Lembar kerja siswa ini penting agar pada saat siswa melakukan pembelajaran di luar kelas sudah ada panduan yang jelas apa saja yang harus dilakukan. Berdasarkan pengamatan penulis, di lingkungan sekolah masih banyak limbah yang belum diolah, dan kebanyakan limbah yang ada jenisnya adalah anorganik.  Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen, dengan metode penelitian weak experimental designs, dan desain penelitian the one group pretest-posttes design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK  Negeri  3 Cimahi. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling, yakni diambil  satu kelas eksperimen, yaitu kelas XI Tata Busana 1.  Instrumen yang digunakan berupa LKS yang disusun dengan mengacu pada indikator berpikir kreatif, dan  produk kreatif berupa  trash fashion. Penilaian produk berdasarkan rubrik yang disusun oleh guru menunjukkan bahwa  produk kreatif di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan, yakni rata-rata 81 dari rata-rata 73. Pembuatan trash fashion ini merupakan salah satu bukti nyata kepedulian siswa terhadap lingkungan, melatih kreativitas siswa, dan meningkatkan ketrampilan siswa dalam pengolahan limbah menjadi sebuah karya yang bernilai seni dan ekonomis, sehingga dapat membuka peluang usaha.


Keywords


PjBL; pembelajaran di luar kelas; trash fashion; kreativitas

Full Text:

PDF
rticle

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiarti, M.R., Rintayati, P., & Daryanto, P. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Sumber Energi Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Study. Penelitian Tindakan Kelas. PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Budiman, I., Tjiang, P.C., & Rusdiana, D. (2008). Model Pembelajaran Latihan Inkuiri Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Energi Rumah Tangga dan Ketrampilan Berpikir kreatif Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol. II (2). UPI. Bandung.

Capraro, R.M. & Slough. SW. 2010. Project-Based Learning (An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathemathics Approach). Rotterdam: Sense Publisher.

Dyah, L. (2012). Pembelajaran Menulis Laporan Pengamatan Dengan Pendekatan Proyek Sebagai Upaya Menumbuhkembangkan Nilai-Nilai Karakter: Studi Eksperimen Kuasi terhadap Peserta didik Kelas V pada SDN 3 Cipatat di Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2011/2012 (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia). (online) http://repository.upi. edu/tesisview.php?no_tesis= 1960

Fatmawati, B. & Rustaman, N. (2011). The ability design project for improvement creative thingking skills through project based Learning. Proceedings 5th Internationan Seminar on Science Education “Strengthening Science Education through Continuing Teacher professional Development” 12 November 2011, Bandung: School of Post Graduate UPI

Ferdianto, A. (2013). Penerapan Metode Outdoor Study Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII B SMP Negeri 3 Tempel. Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Hake, R.R. (1999). Analyzing change/gain scores. (online) Tersedia:http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf.

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Jamaludin, D. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Sikap Ilmiah Pada Materi Tumbuhan Biji. Tesis tidak diterbitkan, Program Studi Pendidikan Biologi. SPS. Universitas Pendidian Indonesia. Bandung.

Khanifah, S., Pukan, K.K., & Sukaesih, S. (2011). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Biology Education. Fakultas MIPA. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Kusnadi & Yanti, K. L. (2011). Implementation of PjBL Model to Improve Student’s Learning Outcome and Motivation Of Junior High School on The Diversity of Life Concept. Dalam Proceedings 5th Internationan Seminar on Science Education “Strengthening Science Education through Continuing Teacher professional Development” 12 November 2011, Bandung: School of Post Graduate UPI

Maspupah, M., Koesbandiah, H.S., & Saefudin. (2007). Efektivitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Pembelajaran Nilai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Sikap, dan Minat Pada Konsep Ekologi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol. 1 (3). UPI. Bandung.

McGregor, D. (2007). Developing Thingking; Developing Learning A Guide to Thinking Skill in Education. Enggland. Mc Graw Hill.

Munandar, U. (2005). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak (Petunjuk Orang Tua). Jakarta. Rineka Cipta.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. Rineka Cipta.

________. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Gramedia: Jakarta

Murbangun, N. (2013). Pengembangan perkuliahan kimia lingkungan berbasis masalah bervisi green chemistry untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa. Disertasi tidak diterbtkan, Sekolah pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia

Priest, S. (1986). Redefining outdoor education: A matter of many relationships. Journal of Environmental Education, 17(3), 13-15

Setiasih, A. 2010. Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan Perkembangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah: Studi Kuasi Eksperimen pada Anak TK di Kota Cimahi. (Disertasi tidak diterbitkan, Universitas Pendidikan Indonesia). (online) http://repository.upi.edu/disertasiview.php?no_disertasi=216

Susanti, (2012). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis praktikum terhadap kemampuan berpikir kreatif dan sikap siswa SMA kelas XI pada materi nutrisi. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung

Syamsudduha, St. (2012). Penggunaan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Lentera Pendidikan. Vol. 15(18). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alaudin Makasar.

Vera, A. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta: DIVA Press.

Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Bioedukasi


BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.