Penerapan Pembelajaran Strategi Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA/Biologi Bagi Siswa Kelas XI Ak 1 SMK Negeri 1 Banyudono Kabupaten Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anni, C. T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.
Anisa, N. (2009). Penerapan Model Pembelajaran “Problem Based Learning” untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI Jurusan APK-2 di SMK Negeri 1 Turen Pada Mata Diklat Mail Handling). Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Arikunto, S. (2006). PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Jakarta: Rineka Cipta.
Ernawati. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Hamalik, O. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
_____________. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, B. U. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Mirza. (2009), “Peningkatan hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan dengan PTK melalui Perpaduan Metode Problem Based Learning dan Team Games Turnament Pada Siswa Kelas X SMA Al-Islam 2 Surakarta”. Skipsi tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mulyasa. (2009). Praktik Penelitian tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. (2009). Melaksanakan PTK Itu Mudah, Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004. Jakarta: Gramedia Widyasarana Indonesia.
Nurhayati. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan Pembelaja-ran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa APK Kelas X SMK PGRI 2 Malang pada Mata diklat Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan). Skipsi tidak diterbitkan. Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, FE. Universitas Negeri Malang.
Poerwodarminto. W.J.S. (1992). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Sardiman, AM. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Tatang. (2010). Revisi Taksonomi Bloom. Online. http://tatangmanguny.wordpress.com/2010/01/19/taksonomi-bloom-versi-baru/, diakses tanggal 12 Januari 2012.
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporen, Jakarta: Bumi Aksara.
Widyastuti. (2010). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pendekatan Berbasis Konteks (Contextual Teaching and Learning), Online: http://unsri.ac.id/ widyastuti/pendidikan/pendekatan-pembelajaran-berbasis-masalah-problem-based-learning-dan-pendekatan-pembe-lajaran-berbasis-konteks-contextual-teaching-and-learning/ mrdetail/14376/, diakses tanggal 25 Januari 2012.
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i1.2946
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Bioedukasi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.