Peningkatkan Keterampilan Sosial melalui Penerapan TGT-GI Berbasis Lesson Study
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, S. & Ahmad, I. K. (2010). Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.
Cerbin, W. & Kopp, B. (2008). Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching. (Online), (http://www.isetl.org/ijtlhe/pdf/ijtlhe110.pdf), International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 18 (3), diakses 17 Desember 2013.
Depdiknas. (2007). Konsep Pengembangan Model Integrasi Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup Pendidikan Menengah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan. Terj. Wahyu Indianti, dkk. Surabaya : Erlangga.
Prayitno, B. A. (2010). Potensi Pembelajaran Biologi Inkuiri Dipadu Kooperatif dalam Pemberdayaan Berpikir dan Keterampilan Proses pada Siswa Under Achievment. Proceeding Seminar Nasional Optimalisasi Sains untuk Memberdayakan Manusia, hlm. 677-689. Surabaya : UNESA.
Rachmahana, R. S. (2008). Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam El-Tarbawi. 1 (1)
Risnawati, Y., D., & Dwijananti, P. (2012). Penerapan Group Investigation pada Pembelajaran Sains untuk Mengembangkan Karakter Siswa SMP Kelas VIII. UPEJ (1), (Online), http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej, diakses tanggal 15 Oktober 2013.
Rustono. 2008. Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Menerapkan
Strategi Pembelajaran melalui Lesson Study di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikam Dasar. No.10. (Online),http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/ diakses tanggal 15 Oktober 2013.
Samani, M. (2010). Menggagas Pendidikan Bermakna: Integrasi Life Skills, KBK, CTL, dan MBS. Surabaya: Penerbit SIC.
Santyasa, I. W. (2007). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disampaikan dalam Disajikan dalam Workshop tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Para Guru SMP 2 dan 5 Nusa Penida Klungkung, pada tanggal 30 Nopember s.d 1 Desember 2007 di Nusa Penida. (Online), (http://www.freewebs.com/santyasa/pdf2/PENELITIAN_TINDAKAN_KELAS.pdf), diakses 17 Desember 2013.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik. Terj.Nurulita. Bandung : Nusa Media.
Susilo, H. (2012). Lesson Study dalam Bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Seminar Pendidikan Biologi dengan tema “Lesson Study sebagai Peningkatan Kualitas Pengajaran”. Jember: Universitas Jember.
Tsoi, M. F., Goh, N. K., & Chia, L. S. 2004. Using Group Investigation For Chemistry In Teacher Education. (online). http://www.ied.edu.hk/apfslt/download/ v5_issue1_files/tsoimf.pdf diakses tanggal 15 Oktober 2013
Widoretno, S. (2013). Strategi Pembelajaran Guided Inquiry sebagai Usaha Mengembangkan Kecakapan Hidup melalui Matat Pelajaran Biologi di SMP Surakarta. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Zingaro, D. (2008). Group Investigation: Theory and Practice. (online) dari http://www.danielzingaro.com/gi.pdf diakses tanggal 15 Oktober 2013.
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v7i1.2834
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Bioedukasi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.