Efektivitas Implementasi Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Diintegrasikan dengan predict – observe – explain (POE) terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Inferensi Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsoy, A. & Ozad, B. E. (2004). PBL in Science Education, Journal of Turkish Science Education, 6, (1), April 2009, pp.26-36.
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Aryulina, D. (2007). Biologi 1 SMA dan MA untuk Kelas XI. Jakarta: Esis.
Bahri, A. (2009). Sistem Pembelajaran Abad 21 dengan “Project Based Learning” (PBL).
Bilqin, I. (2009). The Effect of Guided Inquiry Instruction in Corporating a Cooperative Learning Approach on University Students’ Achievement of Acid and Bases Concepts and Attitude Toward Guided Inquiry Instruction. Scientific Research and Essay, 4(10),1038-104.
Campbell, N. A. R., Jean B. M., & Lawrence G. (2002). Biologi. Jakarta: Erlangga.
Ewintri. (2008). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Lampung: Universitas Lampung
Facione. (2011). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. Fullerton: California State University.
Illeris & Ormorod. (2000). From Vocational Training to Workplace Learning. Center for Research in Lifelong Learning.
Margaret M.N. & Kathleen W. M. (1993). Children’s Skill in Making Predictions and Their Understanding or What Predicting Means. Journal of Research in Science Teaching, 561-577.
Munandar, U. (2009). Pengembangan dan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Suspriyati, N. (2012). Pembelajaran Biologi dengan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Predict, Observe, Explain, and Write (POEW) Ditinjau dari Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa. Tesis Tidak Diterbitkan: Program Pascasarjana UNS Surakarta.
Nur, M. (2008). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.
Ong, A.C., & Borich, D. G. (2006). Teaching Strategies That Promete Thingking. Singapore : Mcgraw-Hill Education.
Peterson, T. O., & Van F. D. D. (2003). Critical Managerial Leadership Behavior. Oklahoma State University.
Peterson, T.O. (2004). Journal of Management Education, 28 (5), October 2004.
Rustaman, N. Y. (2004). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Satiadarma, M.P. & Wawuru, F.E. (2003). Mendidik Kecerdasan. Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru Dalam Mendidik Anak Cerdas. Jakarta: Pustaka Populer
Wahyuni, S. E. (2013). Pembelajaran biologi Model POE (Prediction, Observation, Explanation) Melalui laboratorium Riil dan Laboratorium Virtuil Ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir. Abstrak Tesis Tidak Dipublikasikan: Program Pascasarjana UNS Surakarta.
Slavin, R. E. (2008). Psikologi Pendidikan, Teori dan Praktek. Bandung: Nusa Media.
Suciati. (2011). Tugas Rumah Berbasis Home Science Process Skill (HSPS) pada Pembelajaran Biologi untuk Mengembangkan Literasi Sains Siswa. Proceeding Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi FKIP UNS Surakarta.
Sudjana, N. & Rivai, A. (1990). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Sumadi. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Pustaka Siswa.
Sumaji. (2003). Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius.
Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivis dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Tan, O. (2003). Problem Based Learning Innovation. Singapore: Cengange Learning Asia Pte, Ltd.
Toharudin, U. (2011). Membangun Literasi Sains. Bandung: Humaniora.
Thomas, J. W. (2000). A Review Of Research on Project – Based - Learning. California: The Autodesk Foundation.
Suharni, V. S. (2013). Pembelajaran Biologi Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Buzz Group Discussion dan Whole Group Discussion Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Verbal. Tesis Tidak Dipublikasikan: Program Pascasarjana UNS Surakarta.
Wenno, I. H. (2008). Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v7i1.2828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Bioedukasi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.