Keefektifan Lembar Kerja Siswa pada Konsep-Konsep Biologi Jenjang Madrasah Aliyah (Suatu Penelitian Desain Pendidikan)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar. S. (2013) Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya Offset.
Bekiroğ lu, Feral, O. & Arslan, Arzu. (2014). Examination of the Effects of Model-Based Inquiry on Students’ Outcomes: Scientific Process Skills and Conceptual Knowledge. Procedia-Social and Behavioral Sciences 141 (2014), 1187–1191.
Connelly, T & Sharp, P. (2009). a New Biology for the 21st Century. Washington, DC: The National Academies Press.
Facione, P. A. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Millbrae, CA: The California Academic Press.
Hidayati, N. (2016). Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Pembelajaran IPA Melalui Kerja Ilmiah. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), 13(1), 118-127.
Irhayana, H. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Akademik Siswa terhadap Kemampuan Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Konsep Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Negeri 1 Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Tesis. Malang: Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Tidak diterbitkan.
Khairunnisa. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMPN 3 Paringin Pada Mata Pelajaran IPA.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA” Penerbit: S2 IPA UNLAM PRESS., Edisi: Oktober 2016., ISBN: 978-602-60213-0-4.
Kong, Siu Cheung & Winnie So, Wing Mui. (2008). A study of building a resource-based learning environment with the inquiry learning approach: Knowledge of family trees. Computers & Education 50 (2008) , 37–60.
Löhner, S., van Joolingen, W.R., Savelsbergh, E.R. and van Hout-Wolters, B. (2005). Students’ reasoning during modeling in an inquiry learning environment. Computers in Human Behavior, 21(3), 441-461.
Martin, M.O., Mullis, I.V., Foy, P. & Stanco, G.M., (2012). TIMSS 2011 International Results in Science. International Association for the Evaluation of Educational Achievement. Herengracht 487, Amsterdam, 1017 BT, The Netherlands.
Maslyni; Zaini, M. & Syahmani. (2018). The Effectiveness of Natural Science Modules Towardcritical Thinking Ability and Student Performance: A Development Research. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e-ISSN: 2320–7388, p-ISSN: 2320–737X. 8 (2) Ver.V (Mar.–Apr.2018), 29-33 www.iosrjournals.org.
McBride, J.W., Bhatti, M.I., Hannan, M.A. & Feinberg, M., (2004). Using an inquiry approach to teach science to secondary school science teachers. Physics education, 39(5), 434.
Miranti, Kiki. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA” Penerbit: S2 IPA UNLAM PRESS., Edisi: Oktober 2016., ISBN: 978-602-60213-0-4.
Myrna R, Suryawati, E. S. (2015). Pengembangan LKS Materi Pokok Energi dalam Sistem Kehidupan di Kelas VII SMP dengan Pendekatan Ilmiah untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2(2). Universitas Riau.
Naita, N. N.; Zaini, M.& Abdullah. (2018). Development Of Lesson Plan Instrument On Skleton, Muscles And Simple Machine Topic For Junior High School: The Validity and The Practicality Test. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e- ISSN: 2320–7388,p-ISSN: 2320–737X. 8(2) Ver.V (Mar.–Apr.2018), 34-40 www.iosrjour-nals.org.
National Research Council (US). (2011). Committee on the Assessment of 21st Century Skills. Assessing 21st Century Skills: Summary of a Workshop. Washington (DC): National Academies Press (US).
Neneng, L. (2014). Pemanfaatan Biodiversitas Lokal untuk Menunjang Praktikum Biologi pada Sekolah lanjutan di Kalimantan Tengah. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unpar 17 Desember 2014.
Norhasanah & Ruswaty. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Konsep Jamur di SMA Negeri 4 Barabai. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA” Penerbit: S2 IPA UNLAM PRESS., Edisi: Oktober 2016., ISBN:78-602-60213-0-4.http://www.s2ipa.unlam.ac.id/ category/publikasi-ilmiah/proceeding/seminar-nasional-pendidikan-ipa-2016/
Norhasanah. (2016). Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas X.5 SMAN 4 Barabai Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing pada Konsep Ekosistem. Kumpulan Abstrak Seminar Nasional tanggal 26 Maret 2016. Malang: UMM.
Nur, M. (2011). Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah, Unesa.
Nur, M., Nasution., & Suryanti, (Juni. 2013). Berpikir Kritis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi.
Nur, M. (2014). Inovasi Pendidikan Sains Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, UNESA, Surabaya.
OECD Programme for International Student Assessment. (2015). PISA 2015 Released Field Trial Item Kognitif. Doc: CY6_TST_PISA 2015FT Released Cognitive Items.
Programme for International Student Assessment (PISA), (2014). PISA 2012 results: what students know and can do: Student performance in mathematics, reading and science.
Pusparini, D. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Inkuiri pada Konsep Ekosistem Kelas VII A SMP Negeri 3 Kusan Hilir. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi. 6(2), 29-35.
Rahmadani, St. (2015). Pengembangan Panduan praktikum Biologi dan Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif dan Efektivitasnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA Kelas XI. E-Journal Penelitian Pendidikan IPA. 1 (2 Juli 2015).
Rochmah, N.H; Agil, A & Suryani, D. (2015). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMK melalui Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2015 “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013” Surabaya, 24 Januari 2015. Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya 2015.
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Schaal, S., Grübmeyer, S. & Matt, M., (2012). Outdoors and Online-inquiry with mobile devices in preservice science teacher ducation. World Journal on Educational Technology, 4(2), 113-125.
Sudibyo, E., Susanti, E., & Widodo, W. (2013). Keterampilan Berfikir Analitis Mahasiswa Pendidikan Sains UNESA dalam Konten Kinematika Linier Pada Mata Kuliah Gerak dan6Perubahan. Dalam Semnas V Pendidikan Sains.Surabaya: FMIPA UNESA
Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations; Improving the quality of eduction and training. London. Kogan.
Wahyulina, M; Abdullah, & Zaini, M. (2018). The Effectiveness of Lesson Plan Instruments on Digestive System Material through Inquiry Based Learning. European Journal of Education Studies 4(4). 2018.
Wardani, S., Widodo, A.T. & Priyani, N.E., (2009). Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan keterampilan proses IPA berorientasi problem-based instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1).
Wasis, (2015). Hasil Pembelajaran IPAdi Indonesia: Problem & Upaya Mengatasinya. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2015 “Pembelajaran dan Penilaian IPA Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013” Surabaya, 24 Januari 2015 vi-xvi.
Yarmalinda, D; Andriani, AE; Dwimasani, S. (2017). Penerapan Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Ekosistem dalam menghadapi MEA. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2015 “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013” Surabaya, 14 Januari 2017. Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya 2017.
Zaini, H.M. and Jumirah, R., (2016). Developing Ecology Learning Object Materials for Improving Students Critical Thinking Skills of Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1).
Zaini, M. & Supiati. (2017). Developing Learning Device on Environmental Pollution Topic in Senior High School. The Social Sciences 12 (12) 2269-2276. ISSN 1818-5800.
Zaini, M.; Kaspul, & Amalia, R. (2018). Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Inkuiri. BIOEDUKASI :Jurnal Pendidikan Biologi 11(1) 17 – 22.
Zaini, M. (2014). Menggunakan Lahan Basah untuk Mengajar Konsep-konsep Biologi & Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran IPA SMP Disajikan pada Seminar Nasional Prodi Pend. Biologi FKIP Universitas Palangka Raya tanggal 17 Desember 2014.
Zaini, M. (2016). Guided Inquiry Based Learning on the Concept of Ecosystem Toward Learning Outcomes and Critical Thinking Skills of High School Students. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR JRME)e-ISSN:320–7388, p-ISSN:2320–737X 6(6) Ver.VIII (Nov-Dec.2016),50-55.www.iosrjournals.org.
Zaini, M. & Asnida, D.J., (2015). The Development of Science-Biology Learning Instrument Oriented to Mangrove Forest for Junior High School Students. In Prosiding Seminar Biologi 12(1), 134-141.
Zaini, M. & Rusmini, R., (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Klasifikasi Benda Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. In Prosiding Seminar Biologi 13(1), 102-111.
Zaini, M. (2016). Urgensi Penelitian Pengembangan Dalam Menggali Keterampilan Berpikir Kritis Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan IPA yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Keguruan IPA dan S1 Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin tanggal 03- 04 September 2016.
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v12i1.27384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.