Analisis Kemapuan Berpikir Kritis Siswa SMP berbasis Gaya Kognitif melaui Pembelajaran TPS (Think Pairs Share) dengan Media Poster
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianti, D., Ningsih, K., dan Yeni, L.F. (2016). Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Media Poster Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 5(12).
Bloom, Benjamin S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.
Cintamulya, I. (2017). Ability Of Students With Reflective andImpulsive Cognitive Styles In Writing aScientific Article. MIER Journal of Educational Studies, Trends & Practices.7(2), 135 – 145.
Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Retrieved fromhttps://pdfs.semanticscholar.org
Filsaime, D.K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis& Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, M. (2011). Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kagan, J. (1965). Impulsive and ReflectiveChildren: Significance of Conceptual Tempo.Dalam Krumboltz, J.D (Eds.) Learning and the Educational Process. Chicogo: Rand Mc Nally & Company.
Kasdin, S., Rima, F., Molan, B., Ujan, A.A., & Ristyantoro, R. (2012). CriticalThinking “Membangun Pemikiran Logis”. Jakarta:Pustaka Sinar Harapan.
Kogan, N. (1973). Creativity and Cognitive Style:A Life-Span Perspective. Dalam Baltes BB. &Schaie, KW. (Eds.) Life-Span Developmental Psychology. London: Academic Press.
Larasati, S. (2014). Kemahiran Menulis Cerpen Melalui Media Poster Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2013/2014. Unpublished Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjungpinang.
Malyani, I.P., & Cintamulya, I. (2017). Analisis Berfikir Kritis Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Implusif pada Pembelajaran Biologi melalui Model Think Talk Write (TTW) dengan Media Limbah Pengolahan Hasil Laut. Proceeding Biology Education Conference. 14(1): 546-550.
Nikmah, I.N., & Cintamulya, I. (2017). Analisis Berfikir Kritis Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Implusif pada Pembelajaran Biologi melalui Model Problem Base Learning (PBL) dengan Media Puzzle. Proceeding Biology Education Conference. 14(1): 2528-5742.
Nuraeni, N., & Cintamulya, I. (2017). Memberdayakan Berfikir Kritis Siswa melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Power Point Ditinjau dari Gaya Kognitif. Proceeding Biology Education Conference. 14(1): 471-475.
Ong, A.C., & Borich, G.D. (2006). Teaching Strategies that Pro-mote Thinking Models and Curriculum Approaches.Singapore: McGraw-Hill.
Purnomo, A., & Suprayitno. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. JPGSD. 1(2): 1-9.
Permendikbud 81 A. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.
Riwayati, P.A., & Cintamulya, I. (2017). Analisis Berpikir Kritis Siswa yang Bergaya Kognitif pada Pembelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Media Visual. Proceeding Biology Education Conference. 14(1): 476-481.
Rochani, S. (2009). Penggunaan Pendekatan CTL Dilengkapi Media Poster untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X Semester Gasal di SMA Negeri 1 Jakenan, Pati Tahun Pelajaran 2009/2010. Unpublished Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Rochika, N.D. & Cintamulya, I. (2017). Analisis Berpikir Kritis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Pelajaran Biologi melalui Model Means Ends Analysis (MEA) Menggunakan Media Visual. Proceeding Biology Education Conference. 14(1): 562 – 566.
Sale, Y., Indriwati, S.E., & Corebima, A.D. (2016). Mengungkap Potensi Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadu Think Pair Share dalam Memberdayakan Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional II Tahun.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Warli. (2010). Instrument Matching Familiar Figures Test (MFFT). DOK ISTRU/WARLI/2010.
Warli. (2010). “Profil Kreativitas Siswa Yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa Yang Bergaya Kognitif Impulsif Dalam Memecahkan Geometri”. Disertasi Doktor. Unesa Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v12i1.27356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.