Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi Materi Pemanasan Global
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amin, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi). Vol. 4(3):25-36.
Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Karakter Kreatif dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun VI, No 1, 104-115.
Ennis, R. H. (1985). A Logical Basic For Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership. Vol. 43(2):135-145.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika.2(3):283-287.
Isnaeni, N., Sudiyanto, & Muchsini, B. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Akuntansi. Jurnal “Tata Arta” UNS. Vol. 2(2):132-14.
Muhfahroyin. (2009). Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 16(1):88-93.
Muslim, I., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA Negeri Unggul Harapan Persada. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 03(02).
National Science Teachers Association. (2006). Framework for 21st Century Learning.(Online),http://science.nsta.org/ps/Final21stCSkillsMapScience.pdf.
Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional. 5(3):116-125.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sari, D.T., Kristiani, & Wardani, D.K. (2015). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekonomi Di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis FKIP UNS. ISBN: 978-602-8580-19-9.
Ullynuha, L., Prayitno, B. A., & Ariyanto, J. (2015). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 7(1): 40-51.
Wulandari, N., Sjarkawi, & Darmis, M. 2011. Pengaruh Problem Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Tekno-Pedagogi. Vol. 1(1):14-24. ISSN 2088-205X.
Wulandari, T.S.H., dkk,. (2016). Implementasi Keterampilan Berpikir Kritis Dosen Biologi Di Universitas. Prosiding Seminar Nasional Biologi. Oktober 2016. 1093- 1100.
Wulandari, T.S.H., dkk,. (2017). Students’ Critical Thinking Improvement through PDEODE and STAD Combination in The Nutrition and Health Lecture. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE).6(2):110-117.
Zakiyah, S., Suryandari, K. C., & Wahyudi. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problrm Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Tentang Gaya Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gebangsari Tahun Ajaran 2016/2017. Kalam Cendekia.Vol. 5, No. 3.1, 231-237
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v12i1.27354
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.