PBMP untuk Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Multietnis

Ade Haerullah, M Nasir Tamalene

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi model pembelajaran berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa. Lebih lanjut penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa dengan etnis yang berbeda terkait dengan strategi pembelajaran yang diterapkan. Penelitin ini tergolong quasi experiment, dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016 di kelas V pada dua Madrasah Ibtidaiyah yang tergolong sekolah Madrasah multietnis di Kota Ternate. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis. Pemengujian hipotesis dilakukan dengan Anakova dalam program SPSS 16.0. Apabila nilai probabilitinya signifikan, maka dilakukan uji lanjut dengan LSD. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan atau dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran berpola PBMP lebih berpotensi untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis  siswa dibanding strategi konvensional. Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antar etnis pada kelas yang diterapkan strategi pembelajaran PBMP, perbedaan tersebut terlihat pada hasil uji LSD yang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis pada etnis Ternate tidak berbeda nyata dengan etnis Makian tetapi berbeda nyata dan lebih tinggi, dari etnis Tidore. Perbedaan tesebut dapat disimpulkan bahwa siswa pada masing-masing etnis memiliki gaya belajar yang berbeda-beda.


Keywords


berpikir kritis

Full Text:

PDF
rticle

References


Ayotte V., Saucier J.F., Bowen F., Laurendeau M.C., Fournier M., and Blais J.G. Teaching Multiethnic Urban Adolescents How to Enhance Their Competencies: Effects of a Middle School Primary Prevention Program on Adaptation. Journal of Primary Prevention . September 2003, Volume 24, Issue 1, pp 7-23

Corson D. Realities of teaching in a multiethnic school. International Review of Education. 1991, Volume 37, Issue 1, pp 7-31

Corebima, A.D. 2008. Rubrik Keterampilan Berpikir kritis siswa yang Terintegrasi dengan Tes Essay, Rubrik MAI. Malang

Corebima, A.D. Susilo, H., Zubaidah, S. 2009. Pemberdayaan Keterampilan Berpikir kritis siswa pada Pembelajaran IPA-Biologi, dan Biologi dengan Mendukung Perkembangan Kemampuan Berpikir tinggi siswa SD, SMP, dan SMA. Lemlit Universitas Negeri Malang: Laporan Penelitian HPTP.

Corebima, A.D. 2010. Berdayakan Keterampilan Berpikir Selama Pembelajaran Demi Masa Depan Kita. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Optimalisasi Sains untuk Memberdayan Manusia, Prodi Pendidikan Sains PPS Unesa. Surabaya, 16 januari.

Darmadi. 2011. Membentuk Peradaban Bangsa Melalui Pendidikan Multi-Etnis. file:///C:/Users/Rizieq/Documents/REFERENSI/Pengajaran%20Multietnis/membentuk-peradaban-bangsa-melalui.html. On Line. Diakses tanggal 13 Pebruari 2012.

Deering P. D. An ethnographic study of norms of inclusion and cooperation in a multiethnic middle school. The Urban Review. March 1996, Volume 28, Issue 1, pp 21-39

Guida de Abreu and Ed Elbers. The social mediation of learning in multiethnic schools: Introduction . European Journal of Psychology of Education. March 2005, Volume 20, Issue 1, pp 3-11

Gorgorió., N, and Planas N. Social representations as mediators of mathematics learning in multiethnic classrooms. European Journal of Psychology of Education March 2005, Volume 20, Issue 1, pp 91-104

Gagne, Robert. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Intruction. USA: CBS; College Publishing.

Haan M, Keizer R, and Elbers, E. Ethnicity and student identity in schools: an analysis of official and unofficial talk in multiethnic classrooms. European Journal of Psychology of Education . June 2010, Volume 25, Issue 2, pp 176-191

Habibah, K. N. 2008 . Pengaruh strategi Pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) + TPS ( Think Pair Share) terhadap Kemampuan Berpikir, Keterampilan Metakognitif, dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 4 IV Malang pada Kemampuan Akademik Berbeda. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Haerullah, 2012. Potensi Pembelajaran PBMP dipadu TPS dalam Upaya Memberdayakan Keterampilan metakognisi Siswa Multietnis di SD Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Bionature. Vol.13 No.01. April 2012. Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.

Haerullah, 2012. Potensi pembelajaran berpola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dipadu think pair share (TPS) dalam upaya memberdayakan keterampilan Berpikir kritis siswa pada sekolah multietnis. Jurnal ßIOêduKASI ISSN : 2301-4678 Vol 1 No (1) September 2012

Haerullah, 2013. Pengaruh Penggunaan Perangkat Pembelajaran PBMP dan TPS dalam terhadap sikap Sosiali Siswa Multietnis di SD Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Pedagogik. Vol.1 No.2. November 2013. Fakultas KIP Universitas Khairun Ternate.

Haerullah, 2014 Penggunaanmultimedia dalam upaya meningkatkan hasil belajar Biologi pada siswa kelas vii mts lpm pastina Kabupaten kepulauan sula. Jurnal EduBio Tropika, Volume 2, Nomor 1, April 2014, hlm. 121-186

Hartati, T.A.W.2010. Pengaruh Startegi Pembelajaran TPS dan TPS yang dipadu PBMP pada Matapeljaran IPA Biologi terhadap Keterampila matekognitif, Kemampuan Berpikir kritis, dan Hasil Belajar Kognitif siswa Kelas VIII di SMPN 2 Singosari. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang. FMPIA UM.

Harry, B. and Klinger, J. (2007), “Important instruction for students with learning needs:

discarding the deficit model”, Educational Leadership, Vol. 64 No. 5.

Ibrahim, G.A. 2007. Dola Bololo: Budaya Berpikir Positif Masyarakat Ternate. Jurnal Ilmiah Tekstual Vol.5. No 7, april 2007. Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Khairun Ternate.

Ibrahim, M. 2000. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional.

Kusmarni. 2011. Pendidikan Multikultural. Suatu Kajian Tentang Pendidikan Alternatif di Indonesia Untuk Merekatkan Kembali Nilai-nilai Persatuan, Kesatuan Dan Berbangsa di Era Global.

Lee, S.T. 2009. Examining the Relationship between Metacognition, Self-Regulation, and Critical Thinking in Online Socratic Seminars for High School Social Studies Student. Unpublished Dissertation: The University of Texas at Austin.

Maududi M.A. 2002. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belaiar Siswa. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Malang: FMIPA Univesitas Negeri Malang.

MacNaughton, G. and Hughes, P. (2007), “Teaching respect for cultural diversity in Australian

early childhood programs a challenge for professional learning”, Journal of Early Childhood

Research, Vol. 5 No. 2, pp. 189-204.

Milner, H.R. and Tenore, F.B. (2010), “Classroom management in diverse classrooms”, Urban

Education, Vol. 45 No. 5, pp. 560-603.

Pastoor L.W. Discourse and learning in a Norwegian multiethnic classroom: Developing shared understanding through classroom discourse. European Journal of Psychology of Education . March 2005, Volume 20, Issue 1, pp 13-27

Patrick T. Terenzini, Leonard, Ernest T. Pascarella, Nora A. Influences affecting the development of students' critical thinking skills. Research in Higher Education . February 1995, Volume 36, Issue 1, pp 23-39

Piaget J, (1970). Science of Educational and the Psychology of the Child. New York: Wiley

Suyanik. 2010. Pengaruh Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Dengan Model TPS dan Strategi ARIAS Terhadap Kemampuan Berpikir kritis siswa Dan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium Malang. Tesis yang tidak diterbitkan.

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning Theory, Research and Practice. 2nd Ed. Boston, London, Toronto, Sydney, Tokyo, Singapore: Allyn and Bacon.

Tüzün O.Y and Topcu, M.S. Investigating the Relationships Among Elementary School Students’ Epistemological Beliefs, Metacognition, and Constructivist Science Learning Environment. Journal of Science Teacher Education. March 2010, Volume 21, Issue 2, pp 255-273

Suparno. 2011. Pendidikan Multikultural. On Line.

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0301/07/opini/46742.htm diankses tgl 14 Februari 2014

Salend (2010), Creating Inclusive Classrooms: Effective and Reflective Practices, Pearson, New

York, NY.

Vigotsky, L.S. (1978). Mind in Society; the development of higher psychological processes, Cambridge, MA: Havard University Press.

Wakhinuddin, 2006. Pembentukan Peradaban Bangsa Melalui Pengajaran Multi-Etnis Dalam Era Reformasi. On-line http://www.depdiknas.go.id/jurnal/41/wakhnuddin.htm diakses tanggal 14 Februari 2014.

Zubaidah, S. 2001. Implementasi Pembelajaran IPA Biologi dengan PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) Makalah disampaikan pada Pelatihan dan Lokakarya PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) di Universitas Negeri Malang. 31 Agustus-1 September 2001




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i2.12982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi


BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.