Effectiveness Canva Application-Based Learning Media on Entreprenueurship student: Systematic Literature Review

Angela Sirlanie, Kartika Chrysti Suryandari, Sukarno Sukarno

Abstract

Salah satu cara penyiapan aplikasi digital dalam mengatasi kesenjangan tersebut adalah dengan mengintegrasikan pemanfaatan aplikasi digital seperti Canva dalam perancangan dan pengembangan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis aplikasi Canva untuk membangun keterampilan kewirausahaan pada jenjang pendidikan dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menggunakan PRISMA Flow untuk menyeleksi artikel. Sebanyak 13 artikel relevan diidentifikasi dan dianalisis antara tahun 2020-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kewirausahaan digital dalam pendidikan, termasuk pemanfaatan aplikasi Canva, berdampak positif terhadap pembangunan kreativitas, motivasi, dan keterampilan kewirausahaan siswa. Canva juga terbukti efektif dalam beberapa penelitian untuk meningkatkan pemahaman konsep bisnis dan mengembangkan keterampilan digital yang relevan. Tantangan dan kendala yang dihadapi adalah keterbatasan waktu; kecemasan teknologi, solusi seperti pembelajaran berbasis proyek dan pelatihan guru dapat memaksimalkan potensi Canva. Implikasi dari penelitian ini adalah para pendidik harus mulai menyadari secara kreatif untuk mulai mengintegrasikan aplikasi seperti Canva untuk diterapkan dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Keywords

Aplikasi Canva, Kewirausahaan, Tinjauan Pustaka Sistematis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.