The Potential Effectiveness of the Project Based Learning (PjBL) Learning Model in Improving Ecoliteracy Reviewed from Creative Thinking
Abstract
Urgensi peningkatan keterampilan ekoliterasi dan berpikir kreatif semakin mendesak di tengah tantangan lingkungan global. Project-Based Learning (PjBL) muncul sebagai pendekatan potensial untuk mengembangkan kedua keterampilan tersebut secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas PBL dalam meningkatkan ekoliterasi dari perspektif keterampilan berpikir kreatif. Metode Systematic Literature Review (SLR) dengan protokol PRISMA digunakan untuk meninjau artikel yang diterbitkan di Elsevier (ScienceDirect) dengan indeks acak dari Q1 hingga Q4. Sebanyak 14 artikel dianalisis. Melalui pendekatan yang berpusat pada siswa dan berbasis proyek, PjBL mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendorong inovasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah yang kreatif. Keberhasilan PjBL dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 terlihat secara konsisten di berbagai konteks pendidikan dan latar belakang budaya Kemampuan PjBL untuk meningkatkan ekoliterasi siswa juga menunjukkan potensinya sebagai alat untuk mendidik generasi masa depan yang sadar lingkungan. Melalui proyek-proyek yang relevan dengan isu-isu ekologi kontemporer, PjBL tidak hanya meningkatkan pengetahuan siswa tentang lingkungan, tetapi juga mendorong mereka untuk mengambil tindakan konkret dalam melestarikan lingkungan. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya mengintegrasikan PBL dalam kurikulum pendidikan lingkungan untuk mempersiapkan generasi yang lebih sadar lingkungan dan kreatif dalam menghadapi tantangan ekologi di masa depan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.