Reviewing the School Literacy Movement Assessment at the International level: A Systematic Literature Review (2020-2024)
Abstract
Penilaian Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan komponen penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan efektivitas program literasi. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji praktik terbaik penilaian GLS di tingkat internasional berdasarkan studi penelitian yang telah dipublikasikan antara tahun 2020-2024. Secara khusus, kajian ini akan mengidentifikasi berbagai metode penilaian yang digunakan, menganalisis alat evaluasi, dan kendala solusi dalam penelitian terbaru tentang penilaian GLS. Metode penelitian yang digunakan adalah Tinjauan Pustaka Sistematis (SLR) dengan fokus pada evaluasi, penilaian, dan tantangan implementasi GLS. Penilaian literasi perlu mengadopsi pendekatan multidimensi yang tidak hanya mencakup keterampilan membaca dan menulis, tetapi juga praktik sosial dan budaya yang lebih luas. Tren menuju penilaian yang lebih autentik dan kontekstual menunjukkan pentingnya relevansi dengan kehidupan nyata siswa. Integrasi teknologi dan analisis data membuka peluang baru dalam memahami dan meningkatkan literasi siswa. Pertimbangan faktor sosial ekonomi dan perinatal juga penting dalam memahami perkembangan literasi. Pengembangan kapasitas guru melalui pelatihan dan dukungan berkelanjutan merupakan komponen penting dalam keberhasilan implementasi program literasi. Penilaian literasi harus dirancang dengan fleksibilitas dan adaptabilitas, dengan mempertimbangkan konteks lokal sambil mempertahankan standar global. Implikasi dalam penelitian ini adalah bahwa kolaborasi multipihak antara guru, peneliti, dan pembuat kebijakan sangat penting dalam mengatasi tantangan implementasi dan sumber daya.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.