Needs Analysis of Local Wisdom-Based Learning Media to Improve Science Literacy of Elementary School Learners

Septiana Nurvitasari, Kartika Chrysti Suryandari, Supianto Supianto

Abstract

Rendahnya literasi sains di kalangan siswa sekolah dasar disebabkan oleh keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan relevan serta minimnya integrasi konteks lokal. Penelitian ini bertujuan untuk Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan media pembelajaran yang efektif dan relevan dalam meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar melalui kajian literatur, dengan fokus pada karakteristik media yang menarik dan integrasi kearifan lokal. Metode yang digunakan adalah studi literatur review dengan mengumpulkan data dari 20 artikel penelitian yang relevan. Teknik pengumpulan data melibatkan identifikasi dan seleksi artikel berdasarkan kata kunci yang sesuai, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menelaah hasil penelitian terdahulu untuk menemukan pola dan temuan yang signifikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berbasis budaya lokal dapat meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap sains. Sehingga media yang ideal untuk meningkatkan literasi sains di sekolah dasar adalah media interaktif dan kontekstual yang mengintegrasikan kearifan lokal untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan secara budaya.

Keywords

media pembelajaran, literasi sains, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.