Project Based Learning Integrated with Socio Scientific Issues to Enhance Critical Thinking Skill in Elementary School

Fitriyani Fitriyani, Idam Ragil Widianto Atmojo, Sri Yamtinah

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari kebutuhan mendesak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis di kalangan peserta didik. Penelitian ini berupaya untuk menguji perbedaan antara pembelajaran berbasis proyek (PjBL) yang terintegrasi dengan socio scientific issues dan model pembelajaran konvensional yang lebih umum digunakan di sekolah. Keterampilan berpikir kritis di kalangan peserta didik sekolah dasar masih rendah, sehingga memerulkan pendekatan yang inovatif. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimental kuantitatif, khususnya memanfaatkan model pretest-posttest kelompok eksperimen A dan B yang tidak setara. Sampel terdiri dari 65 peserta didik kelas VI, dibagi menjadi dua kelompok: kemlompok eksperimen A yang mengikuti pembelajaran konvensional dan kelompok eksperimen B yang menerima intervensi pembelajaran berbasis proyek. Data dikumpulkan melalui penilaian pretest dan posttest, dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t sampel berpasangan dan uji-t sampel independen melalui SPSS 2022. Hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi socio scientific issues secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, khususnya kemampuan dalam pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan pengembangan pemahaman yang mendalam tentang dunia disekitar mereka. 

Keywords

Isu sosial ilmiah, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran berbasis proyek

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.