Implementation of The Principles of Equity and Quality Improvement in Inclusive Education at Public Elementary School 1 Purwosari

Widyhastuti Widyhastuti, Karsono Karsono, Septi Yulisetiani

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting bagi perkembangan anak karena itu perlu adanya penerapan program pendidikan yang dapat memberikan kesempatan belajar yang sama bagi semua peserta didik temasuk mereka yang berkebutuhan khusus. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi prinsip pemerataan dan peningkatan mutu Pendidikan inklusif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan analisis dokumen dan observasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa sekolah dasar (SD) Negeri 1 Purwosari. Hasil penelitiannya adalah sekolah menerima lima sampai sepuluh peserta didik setiap tahun Pelajaran baru yang belum terjangkau oleh layanan pendidikan lainnya, menggunakan metode pembelajaran secara bervariatif, dan pembejarannya menghargai perbedaan yang dimiliki peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah SD Negeri 1 Purwosari telah sesuai melaksanakan prinsip pemerataan dan peningkatan mutu dalam melaksanakan Pendidikan inklusif.

Keywords

Implementasi, prinsip pemerataan dan peningkatan mutu, Pendidikan inklusi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.