The Role of Initial Abilities in Mathematics Learning for Elementary School Students

Zulfa Jihan Hanifa, Budi Usodo, Sukarno Sukarno

Abstract

Kemampuan awal adalah salah satu kemampuan yang wajib dimiliki peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran serta diperlukan untuk melanjutkan pelajaran selanjutnya. Namun, seringkali peserta didik berada pada tingkat kemampuan awal yang rendah, sehingga tidak dapat menghubungkan pengetahuan awal yang relevan dengan apa yang mereka hadapi secara spontan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran kemampuan awal dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research), yaitu penelitian dengan cara mengumpulkan informasi dan data dari berbagai sumber yang ada seperti buku referensi atau hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan masalah yang akan dipecahkan. Adapun kriteria inklusi dalam penelitian ini, yaitu subjek penelitian yaitu peserta didik sekolah dasar, hasil penelitian berkaitan dengan pelajaran matematika, dan sumber referensi dipublikasikan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Berdasarkan hasil kajian diperoleh hasil bahwa kemampuan awal dilandasi oleh teori pemrosesan informasi. Kemampuan awal berperan penting dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika, karena matematika adalah subjek yang hierarki, yaitu pengetahuan baru merupakan kelanjutan dari pengetahuan sebelumnya. Berdasarkan hasil temuan, maka guru disarankan untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik, menguatkan konsep dasar matematika, serta memberikan panduan sederhana kepada orang tua untuk mendukung pembelajaran di rumah. 

Keywords

kemampuan, awal, pembelajaran, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.