Analysis of Students' Maths Learning Difficulties Using the Discovery Learning Model Assisted by Power Point

Prestanti Hayuningtyas, Riyadi Riyadi, Idam Ragil Widianto Atmojo

Abstract

Masalah kesulitan dalam belajar matematika merupakan masalah umum yang dapat terjadi di dalam  kegiatan  pembelajaran dimana jika dibiarkan begitu saja akan berakibat  buruk  bagi  peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar matematika di sekolah dasar, mendiskipsikan peran model pembelajaran discovery learning ada kesulitan belajar matematika, dan mendiskripsikan peran media power point. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam belajar matematika. Penelitian  ini  berjenis  kualitatif karena  fokus  pada  satu  perhatian  yaitu kesulitan siswa dalam pembelajaran menggunakan model  pembelajaran discovery learning berbantuan media power point. Hasil dari penelitian ini adalah kesulitan pada diri sendiri, kesulitan pada saat apersepsi, kesulitan dalam pemahaman konsep, kesulitan dalam diskusi, kesulitan dalam keterampilan menghitung, keterampilan dalam memecahkan masalah. Didapatkan data berdasarkan hasil observasi, tes,  dan wawancara siswa  mengalami  kesulitan  pemahaman konsep, kesulitan keterampilan, dan kesulitan pemecahan masalah. Kesulitan belajar matematika peserta didik meliputi kesulitan belajar pada diri peseta didik, kesulitan pada saat apersepsi, kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam diskusi, kesulitan dalam keterampilan menghitung dan kesulitan dalam memecahkan masalah.

Keywords

kesulitan, matematika, discovery learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.