Analysis of Students' Maths Learning Difficulties Using the Discovery Learning Model Assisted by Power Point
Abstract
Masalah kesulitan dalam belajar matematika merupakan masalah umum yang dapat terjadi di dalam kegiatan pembelajaran dimana jika dibiarkan begitu saja akan berakibat buruk bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar matematika di sekolah dasar, mendiskipsikan peran model pembelajaran discovery learning ada kesulitan belajar matematika, dan mendiskripsikan peran media power point. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini berjenis kualitatif karena fokus pada satu perhatian yaitu kesulitan siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media power point. Hasil dari penelitian ini adalah kesulitan pada diri sendiri, kesulitan pada saat apersepsi, kesulitan dalam pemahaman konsep, kesulitan dalam diskusi, kesulitan dalam keterampilan menghitung, keterampilan dalam memecahkan masalah. Didapatkan data berdasarkan hasil observasi, tes, dan wawancara siswa mengalami kesulitan pemahaman konsep, kesulitan keterampilan, dan kesulitan pemecahan masalah. Kesulitan belajar matematika peserta didik meliputi kesulitan belajar pada diri peseta didik, kesulitan pada saat apersepsi, kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam diskusi, kesulitan dalam keterampilan menghitung dan kesulitan dalam memecahkan masalah.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.