The Urgency of Developing an AI-Based Website to Facilitate Teachers to Create Teaching Modules
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi digital menuntut inovasi dalam dunia pendidikan, termasuk pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu guru menyederhanakan tugas administratif dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang relevan dan kreatif. Kemampuan guru dalam menyusun modul ajar yang berkualitas menjadi salah satu aspek penting dalam peningkatan mutu pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi pengembangan website berbasis AI yang dapat memfasilitasi guru dalam membuat modul ajar secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta Pendidikan dan Pelatihan berjudul Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi pada maja Pelajaran IPA di e-Guru.id dengan jumlah peserta sebanyak 150 peserta. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap penggunaan teknologi dalam proses pembuatan modul ajar.Analisis data dilakukan dengan empat tahap yaitu , (1) mengorganisasikan data, (2) melakukan analisis data, (3) menyatakan temuan penelitian, dan (4) melakukan pembahasan terhadap penemuan penelitian. Hasil penelitian ini di temukan urgensi pengembangan platform berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk mempermudah guru dalam menyusun modul ajar secara efektif dan efisien. Mayoritas peserta pelatihan di e-Guru.id merasa terbantu dengan fitur AI yang intuitif dan personalisasi, meskipun sebagian kecil menghadapi kendala teknis dan kurangnya pengetahuan tentang AI. Temuan ini menegaskan perlunya pelatihan tambahan untuk meningkatkan pemanfaatan AI dalam mendukung proses pembelajaran.. Penelitian ini menegaskan urgensi pengembangan website berbasis AI yang mendukung guru dalam menyusun modul ajar secara efisien, memungkinkan fokus lebih pada aspek kreatif pembelajaran melalui fitur otomatisasi dan personalisasi.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.