Effectiveness of Demonstration Learning Model on Understanding the Concept of Mathematical Operations on Whole Numbers

Alin Widaryanti, Supianto Supianto, Matsuri Matsuri

Abstract

Pemahaman konsep operasi matematika pada bilangan bulat merupakan salah satu kendala bagi peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran demonstrasi terhadap pemahaman konsep operasi matematika pada bilangan bulat. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 65 peserta didik kelas V sekolah dasar Negeri di kecamatan Selogiri. Teknik pengumpulan data melalui tes uraian yang telah teruji validitas, reliabiltas, dan daya pembedanya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dan uji-t. Hasil uji validitas memiliki nilai r hitung 0,691 > r table 0,2816 maka dapat dikatakan valid; uji reliabilitas memiliki nilai Cronbach’s Alpha > 0,60 yaitu 0,725 maka dapat dikatakan valid; uji daya pembeda memiliki materi soal 2 mudah, sedang 5 dan sukar 3. Hasil analisis data memberikan nilai korelasi (R) = 0.692; koefisien determinasi R Square = 0,775; untuk nilai signifikan sebesar 0.00 < 0,05 mendapatkan nilai t hitung 2,881 > t tabel 1,669 yang artinya menerima hipotesis alternatif. Kesimpulan penelitan adalah penerapan model pembelajaran demonstrasi efektif terhadap pemahaman konsep operasi matematika pada bilangan bulat, dengan kontribusi pengaruh sebesar 77,5%.

Keywords

Pembelajaran, demonstrasi, konsep operasi matematika, bilangan bulat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.