A Systematic Literature Review on the Impact of Robotics Extracurricular Activities in Improving Students' Creativity

Lis Astuti, Triyanto Triyanto, Karsono Karsono

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan oleh peserta didik di abad 21. Namun, keterampilan tersebut belum sesuai yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dampak ekstrakurikuler robotik dalam mengembangkan kreativitas peserta didik dan tantangan yang dihadapi dalam implementasi ekstrakurikuler robotik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan systematic literature review. Jumlah artikel penelitian yang diteliti berjumlah 14 artikel. Artikel tersebut diperoleh dari ERIC Journal, PubMed, google scholar dan science direct. Kriteria artikel yang diteliti daam penelitian ini adalah tipe reseacrh article yang diterbitkan pada tahun 2019-2024, memiliki struktur yang lengkap, open acces dan menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler robotik dapat mengembangkan keterampilan kreatif peserta didik baik sekaligus peningkatan pada domain kognitif berupa hasil belajar, psikomotorik berupa problem-solving, dan perilaku yang baik. Hal tersebut terlihat pada kemampuan peserta didik yang mampu mengembangkan gagasan dan ide dalam menciptakan karya dalam aktivitas robotik. Tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan ekstrakurikuler robotik adalah kurangnya fasilitas infrastruktur untuk memenuhi perangkat keras dan lunak serta guru yang memiliki kompetensi tinggi dalam mengajarkan robotik. Selain itu, metode pembelajaran yang masih kurang dalam mengintegrasikan pengetahuan dengan perangkat lunak robotik menjadi tantangan yang harus dicarikan solusinya. Penelitian ini dapat memiliki implikasi untuk meningkatkan pemikiran kreatif siswa. Temuan ini menunjukkan perlunya pelatihan guru dan peningkatan infrastruktur untuk memaksimalkan potensi kegiatan robotika dalam menumbuhkan kreativitas. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk meneliti pengembangan model pembelajaran yang terintegrasi dengan pembelajaran robotika dalam memengaruhi keterampilan abad ke-21 lainnya.

Keywords

Ekstrakurikuler, Kreativitas, Robotik, Systematic Literature Review

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.