Effectiveness of Problem-Based Learning Model on Critical Thinking Skills in Elementary Mathematics Education

Lis Maryani, Riyadi Riyadi, Sandra Bayu Kurniawan

Abstract

Keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan oleh peserta didik. Salah satu upaya meningkatkan keterampilan tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran efektif dan mudah, sehingga peserta didik mampu menyelesaikan persoalan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah 83 peserta didik kelas IV di SD Negeri kecamatan Wonogiri. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rerata tes dari 63.50 menjadi 89.35; nilai korelasi (R) = 0.506 artinya ada hubungan linear positif antar variabel; koefisien determinasi R Square = 0,861, artinya model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh 86.1% terhadap efektivitas keterampilan berpikir kritis. Nilai signifikan sebesar 0.000 < 0,05 dan nilai t hitung 2,512 > t tabel 1.664, artinya menerima hipotesis alternatif. Kesimpulan penelitian adalah model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada mata Pelajaran matematika kelas IV.

Keywords

Problem Based Learning, keterampilan, berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.