Effect of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)-Based Project Based Learning (PjBL) Model on Creative Thinking Ability

Rulli Hari Utomo, Sudiyanto Sudiyanto, Supianto Supianto

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif masih belum diberdayakan dengan baik, oleh karena itu dalam prosesnya membutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode True Experiment Posttest-Only Control Design yakni melakukan post test secara bersama kepada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen akan tetapi hanya kelompok eksperimen saja yang mendapat perlakuan. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV sejumlah 682 dari 33 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Purwantoro. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling, 3 SD Negeri untuk kelompok eksperimen dengan 58 siswa menggunakan model PjBL berbasis STEM dan 3 SD Negeri untuk kelompok kontrol dengan 56 siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dengan tes deskripsi kemampuan berpikir kreatif, yang telah memenuhi uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan uji hipotesis Independent Sample t-test, nilai posttest diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < α (α = 0,05) dan nilai t hitung sebesar 2,521 > t tabel 1,673, artinya menolak H0 dan menerima hipotesis alternatif (H1). Kesimpulan penelitian adalah model PjBL berbasis STEM berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IV di Kecamatan Purwantoro

Keywords

Model PjBL, STEM, keterampilan berfikir kreatif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.