The Impact of the Use of Interactive Learning Media on Understanding the Concept of the Food Chain

Mulyono Mulyono, St. Y. Slamet, Chumdari Chumdari

Abstract

Media pembelajaran interaktif memainkan peran penting dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa melalui presentasi materi multisensori yang menarik. Tinjauan pustaka sistematis ini mengkaji dampak media pembelajaran interaktif terhadap pemahaman siswa tentang konsep rantai makanan. Dengan menggunakan pendekatan PRISMA, kami menganalisis data dari artikel terindeks Elsevier (Science Direct) (Q1-Q4). Analisis dari delapan studi terpilih mengungkapkan bahwa media pembelajaran interaktif secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep rantai makanan melalui beberapa mekanisme: peningkatan pengetahuan konten melalui model rantai makanan yang dinamis, peningkatan hasil pembelajaran melalui lingkungan cerdas yang memberikan umpan balik kognitif-afektif, pemahaman yang lebih baik tentang kompleksitas jaring makanan, dan peningkatan keterlibatan melalui laboratorium virtual dan platform multimedia. Tantangan implementasi diidentifikasi, termasuk persyaratan infrastruktur teknologi dan kebutuhan pelatihan guru. Dua hambatan utama muncul: infrastruktur teknologi yang tidak memadai dan persiapan guru yang tidak memadai untuk integrasi media yang efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif secara efektif meningkatkan pemahaman konsep rantai makanan sambil mengidentifikasi area penting untuk perbaikan dalam implementasi. Tinjauan ini menyimpulkan bahwa integrasi strategis media pembelajaran interaktif dalam pengajaran rantai makanan dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman konseptual sambil menyoroti pentingnya menangani kebutuhan infrastruktur dan pelatihan untuk implementasi yang sukses.

Keywords

Media Pembelajaran Interaktif, Pengertian Konsep Sains, Tinjauan Literatur Sistematis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.