Needs Analysis Of Learning Media Development Math_0_Pedia On Fractional Number Calculation Material

Heni Ria Yunita, Roemintoyo Roemintoyo, Moh Salimi

Abstract

Salah satu tantangan yang dirasakan siswa dalam pembelajaran matematika adalah operasi hitung bilangan pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran Math_O_Pedia berbasis Android pada materi hitung bilangan pecahan. Jenis penelitian ini kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III dan guru sekolah dasar di Kecamatan Selogiri. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, dengan indikator kebutuhan fasilitas smartphone Android untuk mendukung media pembelajaran dan kecenderungan gaya belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: indikator kebutuhan fasilitas smartphone Android sebesar 100% menyatakan bahwa siswa memiliki smartphone, 98,5% siswa berinteraksi dengan smartphone lebih dari 6 jam per hari, 94,78% telah menggunakan smartphone lebih dari 2 tahun, 21,35% guru menggunakan media pembelajaran berbasis android; 82,57% guru belum pernah menggunakan media pembelajaran Math_O_Pedia berbasis Android untuk pelajaran matematika, 100% sekolah memiliki fasilitas dukungan Wifi; indikator kecenderungan gaya belajar menunjukkan bahwa: 67,45% ingin merasakan sentuhan dan memegang, 83,65% lebih mudah mengingat dengan melihat dan melakukan, dan 100% siswa setuju bahwa ada media pembelajaran berbasis android untuk pelajaran matematika. Berdasarkan hasil analisis kuesioner, dapat disimpulkan bahwa terdapat kebutuhan pengembangan media pembelajaran Math_O_Pedia berbasis Android dalam pembelajaran matematika kelas III Kecamatan Selogiri.

Keywords

Media Pembelajaran, Math_O_Pedia, Operasi Hitung, Bilangan Pecahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.